Idosat Meluncurkan AI Experience Center Pertama Kali di Indonesia

SetyoNt - Minggu, 25 Agustus 2024 21:56 WIB
President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha (kanan) meluncurkan AI Experience Center di Solo. (Jatengaja.com/dok. Indosat)

Solo, Jatengaja.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) meluncurkan AI Experience Center pertama kali di Indonesia bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah.

Fasilitas dengan teknologi termutakhir ini didukung oleh konektivitas 5G, menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian AI Experience Center ini dihadiri Wijaya Kusumawardhana, Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya yang mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, dan Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Selasa (20/8/2024).

Momentum ini menandai kemajuan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui pemanfaatan teknologi canggih, dengan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi ini.

“Kami mengucapkan selamat bagi Indosat Ooredoo Hutchison sebagai pionir dalam menghadirkan AI Experience Center pertama di Indonesia,” kata Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana.

Inisiatif ini, imbuh Wijaya, merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi, sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan dukungan penuh.

“Kami percaya bahwa experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor,” katanya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menegaskan, AI Experience Center menjadi penanda penting dalam perjalanan memberdayakan Indonesia melalui AI.

“Ini mempertegas komitmen kami dalam mentransformasi lanskap digital dan telekomunikasi Indonesia. Kami mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Indonesia dan mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dalam mendorong Indonesia ke panggung global,” ujarnya.

Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengungkapkan merasa terhormat dengan dipilihnya Solo oleh Indosat sebagai tempat AI Experience Center pertama di Indonesia.

“Fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan,” katanya.

Bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif.

Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.

Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran layanan 5G, yang diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

Indosat AI Experience Center tidak hanya hadir sebagai simbol era baru perjalanan revolusi teknologi di Indonesia, namun juga awal perjalanan kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI.

Dengan fasilitas ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas yang didukung oleh AI dan 5G, serta mendorong masa depan Indonesia yang lebih cerah dan inovatif. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS