Hasil Survei BPS, Indeks Kebahagiaan Warga Jateng Meningkat

SetyoNt - Minggu, 02 Januari 2022 17:54 WIB
Hasil Survei BPS, Indeks Kebahagiaan Warga Jateng Meningkat (ilustrasi/pixabay.com)

Semarang, Jatengaja.com - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat indeks kebahagiaan warga Jawa Tengah (Jateng) menunjukkan tren meningkat setiap tahun.

Berdasarkan survei Indeks Kebahagiaan BPS yang dilakukan pada 2021 tingkat kebahagian warga Jateng tercatat sebesar 71,73 poin.

Meningkat dibandingan hasil survei Indeks Kebahagiaan BPS pada 2014 sebesar 67,81 poin dan pada 2017 sebesar 70,92 poin.

Pengukuran tingkat kebahagiaan di Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2014 melalui Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali.

Di tahun 2021, tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia diukur dari 3 demensi yaitu kepuasan (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menyatakan, meningkatnya indeks kebahagiaan warga tersebut tergantung dari warga sendiri.

“Bila warga bisa hidup aman, damai, dan tentram, maka otomatis indeks kebahagiaan akan naik,” katanya di Semarang, Minggu (2/1).

Selain itu, lanjut Ganjar, suasana kehidupan warga Jateng yang saling tolong menolong, bergotongroyong juga memberikan dampak kebahagiaan.

Menurutnya dengan rasa saling tolong menolong antar masyarakat yang tinggi membuat kehidupan semakin nyaman.

Ganjar mengatakan akan terus berusaha meningkatkan indeks kebahagiaan warga Jateng, karena membangun wilayah tidak cukup dengan membangun material.

“Mudah-mudahan makin banyak orang yang bahagia. Kalau semua bahagia, maka makin enak bergaul, makin nyaman antar sesama dan itu membuat kondusif semuanya,” tandasnya.

Seperti diketahui, BPS melaksanakan survei Indeks Kebahagiaan tahun 2021 pada rentang waktu 1 Juli hingga 27 Agustus.

Hasilnya secara Nasional Indeks Kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 70,69 pada 2017 menjadi 71,49 pada 2021.

Untuk skala provinsi indeks kebahagiaan tertinggi ialah Maluku Utara dan terendah Banten. Untuk Jateng BPS mencatat angka kebahagiaan mencapai 71,73 poin.

Naiknya indeks kebahagiaan ini tentunya menjadi prestasi tersendiri bagi Jateng, karena tidak semua provinsi mengalami kenaikan.

Tercatat 10 provinsi ternyata mengalami penurunan indeks kebahagiaan. Yakni DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Kemudian Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Kalimantan Timur. (-)

.

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS