Hasil Survei, BPR Arto Moro Paling Dikenal dan Dipercaya di Semarang

Sulistya - Jumat, 24 November 2023 14:30 WIB
Direktur Eksekutif Semarang Polling & Research Centre (SPRC), Ahmad Rizal SH merilis hasil survei mengenai Layanan Perbankan di kantor SPRC Jalan Tlogobiru IV, Pedurungan, Semarang.

Semarang, Jatengaja.com – BPR Arto Moro mampu mencatatkan kinerja sangat baik memasuki triwulan akhir 2023. BPR yang telah mencatatkan aset di atas Rp 1 Triliun tersebut mampu mencatatkan kinerja memuaskan baik dari sisi pertumbuhan aset, pelemparan kredit, maupun pertumbuhan dana pihak ketiga.

Kinerja BPR Arto Moro yang bagus tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hal ini tercermin dari survei layanan perbankan yang dilakukan Semarang Polling & Research Centre (SPRC).

Bertempat di kantor Jalan Tlogobiru IV, Pedurungan, Semarang, SPRC merilis hasil survei mengenai Layanan BPR/BPRS pada Rabu (22/11/2023). Hasi survei yang dilakukan terhadap 200 responden dengan metode kuesioner tersebut menempatkan BPR Arto Moro di peringkat teratas sebagai BPR yang paling dikenal dan paling dipercaya oleh masyarakat.

Sebanyak 120 responden (60%) menyatakan mengenal dan mempercayai BPR Arto Moro karena memiliki layanan yang baik dan gedungnya yang representatif. Responden memberikan jawaban bahwa gedung yang megah dan modern milik BPR Arto Moro membuat mereka yakin akan kinerja dan performa BPR Arto Moro sehingga tidak ragu-ragu untuk menaruh dana atau simpanan.

Masyarakat yang membutuhkan pendanaan pun mengakui bahwa gedung yang megah, mewah dan milik sendiri tersebut membuat mereka yakin dan percaya dalam mempercayakan agunan ketika membutuhkan pendanaan ke BPR Arto Moro. Mayoritas responden menyatakan bahwa mereka mengenal dan mengetahui BPR Arto Moro dari masifnya pemberitaan di media cetak/surat kabar, disusul berikutnya adalah dari informasi yang ada di media sosial.

Direktur Eksekutif SPRC, Ahmad Rizal SH mengatakan, survei layanan perbankan tersebut dilakukan dalam rentang tanggal 13-14 November 2023. Tujuan survei untuk memotret eksistensi dan peringkat BPR guna mengetahui siapa BPR yang memiliki tingkat keterkenalan dan kepercayaaan sehingga masuk ke dalam top mind masyarakat Jawa Tengah.

‘’Survei ini akan membantu masyarakat dalam mengenal dan memetakan BPR yang ada sehingga bisa menjadi referensi dalam mengambil keputusan dalam menggunakan produk perbankan,’’ kata Ahmad Rizal.

Lebih lanjut tokoh yang juga merupakan pendiri dari Komisi Penegak Keadilan (KPK) Jawa Tengah dan lawyer itu mengatakan, selain untuk mengetahui BPR yang menjadi top mind masyarakat, survei tersebut juga akan memberikan rujukan/referensi mengenai efektifitas media atau model promosi yang selama ini dilakukan.

‘’Terkait pertanyaan mengenai darimana responden mengenal bank kepercayaannya tersebut, mayoritas responden menjawab mengenal BPR pilihan mereka adalah dari koran/media cetak disusul dengan peringkat berikutnya adalah dari media sosial,’’ katanya.

Ahmad Rizal menyatakan, SPRC merupakan lembaga riset dan polling independen yang menyediakan jasa survei, kajian, penelitian, konsultasi, dan pendampingan kegiatan di bidang ekonomi, sosial, politik, lingkungan, serta CSR meliputi diantaranya Pemilu dan Pemilukada, kehutanan, perkebunan, pertambangan, agriculture, dan perbankan.

Apresiasi

Menurut Ahmad Rizal, SPRC yang ia dirikan dapat membantu masyarakat atau pihak-pihak yang berkepentingan dalam memotret realitas di masyarakat sehingga terdapat data-data sahih dan terpercaya yang bisa digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan ataupun evaluasi sebuah kebijakan.

‘’Setelah survei mengenai pengetahuan masyarakat terhadap industri BPR ini, berikutnya kami akan melakukan survei terkait dinamika politik yang sedang berkembang,’’ ujarnya.

Dimintai komentar pada kesempatan berbeda, Direktur Utama BPR Arto Moro, Darmawan SSos menyatakan, menyambut gembira hasil survei yang dirilis oleh SPRC tersebut. Menurut Darmawan, hal tersebut membuktikan bahwa kerja keras dan berbagai upaya sosialiasi BPR Arto Moro yang selama ini dilakukan ternyata mendapat apresiasi dan diketahui oleh masyarakat luas.

‘‘BPR Arto Moro memang menggagas pelbagai strategi sosialiasi dan promosi yang tidak biasa. Selain pemberitaan di media, kami juga melakukan terobosan promosi dengan cara gathering dengan komunitas seperti Semarang Fortuner Club, Jeep Wrangler Owner, komunitas Notaris, dan barau-baru ini lewat konser Golden Memories menghadirkan 4 artis penyanyi nasional di hotel Patra Jasa Semarang,’’ ujar Darmawan.

Kepercayaan dari masyarakat tersebut merupakan amanah dan tangung jawab yang akan dijaga dan dipertahankan sebaik-baiknya. Darmawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Semarang dan Jawa Tengah yang telah mempercayai BPR Arto Moro sebagai BPR paling dikenal dan dipercaya oleh masyarakat. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS