Gubernur Ganjar Gandeng Marketplace Besar Untuk Kemajuan UMKM

SetyoNt - Kamis, 09 Desember 2021 16:54 WIB
Gubernur Ganjar Gandeng Marketplace Besar Untuk Kemajuan UMKM. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng marketplace besar di Indonesia, GoTo untuk mendukung kemajuan UKMK Jateng.

Dengan bekerjasama marketplace tersebut, Ganjar berharap para pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jateng makin percaya diri untuk terus maju.

“Pengalaman-pengalaman selama ini sudah mendorong mereka untuk bisa punya metode baru dalam berjualan dan ternyata menjual melalui marketplace apalagi yang sudah unicorn begini ternyata cepet banget,” kata Ganjar pada acara “Bangkit Bersama Jawa Tengah” di Valle Pizza E Resto, Semarang, Kamis (9/12).

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah UMKM di Jateng yang telah merasakan langsung peningkatan penjualan di tengah pandemi karena bergabung dengan marketplace.

UMKM tersebut antara lain Patrobas, Heritage Brass, Mbok Berek, bahkan toko kelontong lestari yang mengaku penjualannya meningkat drastis dan terbantu pemasarannya karena tak harus pergi ke pasar.

Ganjar menyatakan, akan terus mendorong agar pelaku UMKM agar menggunakan digital marketing supaya barang jualan bisa tersebar kemana-mana. “Sambil nanti kita dampingi, pelaku UMKM bisa kita latih,” ujarnya.

Dari produk-produk UMKM yang sudah membuktikan tersebut, diharapkan bisa jadi inspirasi bagi pelaku usaha lainnya untuk lebih percaya diri karena banyak jalan yang bisa dipakai untuk menyelesaikan persoalan di tengah pandemi Covid-19.

“Pesan saya tetap jualan, jangan mengeluh, maju terus,” tandas Ganjar.

Pada acara tersebut, Ganjar juga sempat ‘jualan’ lewat live sale yang ditayangkan oleh Tokopedia melalui platformnya.

Didampingi David Bayu eks punggawa band Naif, Ganjar memamerkan produk-produk dari UMKM Jateng, seperti sepatu, produk rumah tangga seperti sarung bantal, aksesoris hingga makanan dan minuman.

Sementara Komisaris Tokopedia, Wishnutama yang hadir di kesempatan itu mengatakan Jateng dipilih secara khusus karena dinilai punya potensi UMKM yang sangat luarbiasa.

“Pak gubernurnya juga proaktif jadi gayung bersambut. Segala sesuatu kalau nggak dapat dukungan kan repot. Setelah bersatu ini potensinya lebih luar biasa untuk dimanfaatkan UMKM di Jateng lebih maju,” kata mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS