Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang Jalin Kerja Sama dengan WongKito.co

SetyoNt - Kamis, 27 Oktober 2022 22:59 WIB
Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, DR Hamidah MAG menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemred WongKito.co, Nila Ertina. (Jatengaja.com/Istimewa)

Palembang, Jatengaja.com - Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unversitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menjalin kerja sama dengan sejumah media massa setempat.

Kerja sama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Saleh Pelembang dengan media massa dalam bidang publikasi dan tridarma perguruan tinggi khususnya untuk pengembangan kurikulum merdeka belajar.

Salah satu media yang menjadi mitra kerja sama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Saleh Pelembang adalah WongKito.co jaringan Jatengaja.com.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, Dr Achmad Syarifudin, MA mengungkapkan sebagai institusi pendidikan sangat perlu bermitra dengan stakeholder, salah satunya media massa.

"Dengan kerja sama tentunya semua pihak mendapatkan benefit, baik kami dari kampus, dosen dan mahasiswa juga perusahaan media," kata dia saat menyampaikan sambutan pada penandatanganan kerja sama MoA dengan media massa dan orgnisasi jurnalis, Kamis (27/10/2022).

Menurut Achmad kerja sama ini tentunya sangat erat kaitannya dengan upaya mengembangkan kualitas pendidikan di UIN Raden Fatah khususnya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“Kurikulum Merdeka Belajar menjadi salah satu konsentrasi yang kini terus dikembangkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan sebagai mitra tentunya media massa dan organisasi jurnalis akan bekerja sama dalam memfasilitsi praktikum, magang, penelitian mahasiswa.

Begitu juga dengan dosen, juga bisa melakukan penelitian dan kajian-kajian terkait dengan media massa dan secara khusus jurnalisme, ujar dia.

Sementara, Pemred WongKito.co, Nila Ertina menyatakan kerja sama ini menjadi salah satu langkah untuk saling mendorong terciptanya jurnalisme positif di kalangan media dan mahasiswa jurnalistik serta dosen tentunya.

"Di era disrupsi informasi digital yang semakin massif penting sekali bagi kita untuk berkolaborasi dalam membangun jurnalisme yang sesungguhnya menjadi ruh dari media massa tersebut," kata dia.

Industrilisasi media massa, lanjut Nila memang menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari. Namun di sisi lain, jurnalisme yang patuh kepada kode etik jurnalistik juga harus ditegakkan.

“Karena itu pentingnya kolaborasi membangun perspektif khususnya kepada mahasiswa jurusan jurnalistik,” ujarnya.

Selain dengan WongKito.co juga dengan media lain antara lain Suara.com, AJI Palembang, Gatra Sumbagsel dan Palembang Ekspres.(-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS