Eks Kapolda Metro Jaya dan Kapolres Solo, Nana Sudjana Resmi Jadi Pj Gubernur Jateng Gantikan Ganjar

SetyoNt - Kamis, 07 September 2023 08:16 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana (kiri) berjabat tangan dengan Ganjar Pranowo disaksikan Taj Yasin Maimoen. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Mantan Kapolda Metro Jaya dak Kapolres Solo, Komjen (Purn) Nana Sudjana resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah menggantikan Ganjar Pranowo, yang telah berakhir masa jabatan pada 5 September 2024.

Hal ini setelah dilakukan acara serah terima jabatan (sertijab) dari Ganjar Pranowo kepada Nana Sudjana, di Gedung Gradhika Bhakti Praja di Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Rabu (6/9/2023).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng, serta para kepala dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Jateng, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Nana menyatakan akan melanjutkan kerja-kerja positif yang telah dilakukan Gubernur Jateng Ganjar.

“Pak Ganjar sudah membangun fondasi kuat pada integritas dan tata kelola pemerintah, saya akan melanjutkan kinerja positif ini,” tandasnya.

Nana yag juga pernah menjadi Kapolrestas Solo pada 2010 ini juga mengingatkan kepada kepala daerah serta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jateng yang hadir, untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan, tidak melakukan korupsi.

Menurut ia, jangan sampai di kemudian hari ada masalah korupsi muncul, sehingga masalah integritas dan tata kelola yang bersih dipertahankan.

Budaya birokrasi bersih berintegritas dan pelayanan baik ke masyarakat yang telah dibangun dalam 10 tahun juga harus ditingkatkan.

“Saya berharap kepada seluruh komponen di Jawa Tengah bisa bersinergi melanjutkan kerja-kerja pembangunan untuk kesejahteraan rakyat,” ujar Nana Sudjana.

Dalam kesempatan itu, Nana atas nama pribadi dan keluarga besar Pemerintah Provinsi Jateng menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ganjar dan Taj Yasin Maimoen atas kinerja yang maksimal.

“Insya Allah ke depan saya akan terus melanjutkan dengan inovasi terkait perkembangan situasi di Jateng,” tandasnya.

Sementara, Ganjar Pranowo menyatakan merasa optimistis dengan kinerja Nana Sudjana yang telah lama berkiprah di kepolisian karena mempunyai kepemimpinan yang mumpuni sehingga mampu membawa Jateng lebih baik.

“Pak Nana sudah tidak asing dengan Jawa Tengah karena pernah bertugas di Polda Jateng. Saya berharap Pak Nana beserta ibu dengan semangat kerja baru akan membawa Jawa Tengah lebih maju,” harapnya.

Sebagai informasi, Nana Sudjana lulusan Akademi Polisi Tahun 1988, pernah menduduki jabatan strategis di kepolisian antara lain, Kapolda Nusa Tenggara Barat, Kapolda Metro Jaya, Kapolresta Solo, dan Dirintelkam Polda Jateng. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS