Catat, 5 Negara Eropa Ini Biaya Kuliahnya Gratis!

Sulistya - Kamis, 24 November 2022 12:12 WIB
Tidak Hanya Maju, 5 Negara di Eropa Ini Juga Sediakan Fasilitas Perguruan Tinggi Gratis! Tertarik Mencoba? (Pexels.com/Keira Burton)

JAKARTA - Biaya pendidikan yang mahal tentu membuat banyak orang merasa takut untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi. Padahal, dengan memiliki gelar sarjana, orang lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan meraih gaji yang lebih tinggi.

Namun, jika Anda ingin meneruskan menuntut ilmu dan meraih keterampilan baru, Anda bisa mencoba dengan bersekolah gratis di beberapa negara di Eropa berikut ini, seperti dikutip dari www.trenasia.com.

Deretan Negara di Eropa dengan Biaya Kuliah Gratis

1. Norwegia

Norwegia menyediakan biaya kuliah yang gratis di universitas negeri. Beasiswa ini disediakan bagi Anda yang ingin memperoleh gelar di institusi peringkat teratas seperti University of Oslo, Norwegian University of Science and Technology, dan University of Bergen. Meski begitu, di Norwegia Anda harus bersiap untuk menghadapi musim dingin yang keras dan biaya hidup yang sangat tinggi.

2. Finlandia

Perguruan tinggi di Finlandia sebetulnya gratis untuk siswa yang berasal dari Uni Eropa dan negara EEA atau Swiss. Akan tetapi untuk mahasiswa doktoral tidak peduli dari negara mana asalnya dan ingin melanjutkan studi di Finlandia atau Swedia, tetap tidak dipungut biaya uang sekolah. Pemerintah Finlandia bahkan juga berencana untuk menawarkan beasiswa dan bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional dengan latar belakang akademis yang luar biasa.

3. Swedia

Bagi Anda yang mengejar gelar doktor berbasis penelitian, Anda bisa mendapatkan biaya kuliah yang gratis di Swedia. Selain itu, beberapa program studi bahkan menawarkan tunjungan kepada siswa internasional. Meski begitu, Anda tetap harus menyadari bahwa biaya hidup di Swedia cukup tinggi.

4. Jerman

Pada tahun 2014, Jerman secara resmi menghapus semua biaya kuliah untuk mahasiswa sarjana di universitas negeri, dengan pengecualian beberapa biaya administrasi. Beberapa universitas di Jerman juga ada yang menawarkan berbagai macam program studi yang seluruhnya dalam bahasa Inggris.

5. Prancis

Mungkin di masa lalu banyak orang yang tidak mau belajar di Prancis karena harus fasih berbicara bahasa Prancis terlebih dahulu. Akan tetapi saat ini tidak lagi, karena sudah ada banyak program studi di universitas negeri dan swasta di Prancis dalam bahasa Inggris. Siswa yang berkuliah di universitas negeri biasanya hanya akan membayar beberapa ratus dolar saja per tahun, tergantung pada tingkat gelar dan program studi.

Itu tadi beberapa negara di Eropa yang menyediakan biaya kuliah gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih skill atau keterampilan baru agar karier makin meningkat. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS