BI Jateng Indikasikan Kinerja Dunia Usaha Triwulan IV 2023 Tetap Kuat

SetyoNt - Minggu, 28 Januari 2024 10:52 WIB
Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah, Ndari Surjaningsih menyatakan indikasi nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada periode triwulan IV sebesar 28,75%. (Jatengaja.com/Ist)

Semarang, Jatengaja.com - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja dunia usaha di Jawa Tengah pada triwulan IV (Oktober-Desember) 2023 tetap kuat.

Menurut Deputi Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah, Ndari Surjaningsih indikasi ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada periode triwulan IV sebesar 28,75%. Posisi ini lebih tinggi dibandingkan SBT pada triwulan III 2023 sebesar 19,70% maupun periode yang sama tahun lalu sebesar 21,16%.

Ndari meyebutkan kinerja SBT yang positif terjadi hampir seluruh lapangan usaha, terutama industri pengolahan, pertanian, kehutanan, dan perikanan, perdagangan besar dan eceran, jasa keuangan, serta transportasi dan pergudangan.

“Seiring dengan SBT yang tetap kuat, indikator kapasitas produksi terpakai, penggunaan tenaga kerja, dan kondisi keuangan pada triwulan IV 2023 mengalami perbaikan. Membaiknya kondisi dunia usaha pada triwulan IV 2023 diprakirakan akan berlanjut pada triwulan I 2024,” katanya dalam rilis, Sabtu (27/01/2024).

Pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh optimisme pada lapangan usaha industri pengolahan serta perdagangan besar dan eceran.

“Permintaan domestik menjelang Ramadan dan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 diprakirakan juga menjadi faktor penyebab kenaikan SBT pada triwulan I 2024,” ujar Ndari. (-)

Editor: SetyoNt
Tags dunia usahaSBTBagikan

RELATED NEWS