Berikut 7 Kota di Dunia dengan Waktu Puasa Terlama

Sulistya - Rabu, 22 Maret 2023 23:24 WIB
Aktivitas buka puasa dalam Bulan Ramadan di Inggris. (Huffington Post)

Jakarta, Jatengaja.com - Durasi puasa di penjuru dunia tentu tak sama. Ini akibat perbedaan letak geografis memengaruhi lamanya pergantian pagi dan petang di berbagai negara.

Indonesia sendiri memiliki durasi waktu puasa sekitar 13 jam 16 menit. Adapun negara-negara bagian utara yang jauh dari garis khatulistiwa memiliki waktu puasa yang relatif lebih lama. Berikut sejumlah kota di dunia dengan waktu puasa terlama merujuk data indonesiabaik.id:

Oslo, Norwegia

Oslo menjadi kota dengan durasi puasa terpanjang di dunia dengan waktu 17 jam 33 menit per hari. Ibukota Norwegia ini memiliki pemeluk agama Islam cukup banyak. Jumlah muslim di Oslo tercatat 48.000 orang menurut data tahun 2012. Angka tersebut lebih besar dibanding pemeluk Katholik Roma.

London, Inggris

Dikutip dari www.trenasia.com, salah satu kota dengan waktu puasa terlama adalah London, Inggris. Durasi puasa di kota yang berada di sepanjang Sungai Thames ini mencapai 16 jam 7 menit per hari.

Istanbul, Turki

Pemeluk Islam di ibukota Turki ini harus berpuasa selama 15 jam 1 menit setiap harinya. Istanbul sendiri merupakan salah satu kota peradaban Islam dengan sejarah Kesultanan Utsmaniyah. Hingga kini, mayoritas penduduk Istanbul dan Turki secara keseluruhan menganut agama Islam.

Paris, Prancis

Prancis menjadi salah satu negara di Eropa dengan pertumbuhan penduduk muslim paling banyak. Menjadi muslim di Prancis pun cukup menantang ketika di Bulan Ramadan. Waktu puasa di Paris, ibukota Prancis, tercatat hampir 15 jam, tepatnya 14 jam 58 menit.

New York, Amerika Serikat

New York ternyata menjadi salah satu kota di dunia dengan waktu puasa terlama. Durasi puasa di kota tersibuk di AS ini mencapai 14 jam 50 menit per hari.

Lahore, Pakistan

Pakistan menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim di Asia Selatan. Durasi puasa di Lahore, kota terpadat kedua di Pakistan, bisa mencapai 14 jam 22 menit per hari.

Mekah, Arab Saudi

Sebagai salah satu pusat penyebaran ajaran Islam, Mekah turut menjadi kota besar dengan durasi puasa terlama di dunia. Umat Islam di ibukota Arab Saudi tersebut harus berpuasa selama 13 jam 59 menit per hari.

Meskipun memiliki durasi puasa yang panjang plus cuaca yang relatif panas, banyak umat muslim dunia yang ingin puasa di kota ini. Hal itu karena mereka ingin merasakan sensasi Ramadan di Tanah Suci. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS