Berhasil Tangani Perubahan Iklim, Jateng Raih Penghargaan Proklim 2021 di KLHK

SetyoNt - Rabu, 20 Oktober 2021 14:36 WIB
Menteri KLHK Dr. Siti Nurbaya Bakar menyerahkan penghargaan Proklim 2021 kepada paksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng Widi Hartanto secara daring. ((jatengprov.go.id))

Semarang, Jatengaja.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai pembina Program Kampung Iklim (Proklim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), karena dinilai berhasil dalam menangani perubahan iklim.

Penyerahan piagam penghargaan diberikan Menteri KLHK Dr. Siti Nurbaya Bakar kepada paksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Jateng Widi Hartanto secara daring.

“Ini merupakan piagam Proklim yang keempat diterima Pemprov Jateng sejak 2017,” katanya dilansir jatengprov.go.id, Rabu (20/10).

Menurutnya, penghargaan Proklim juga diberikan kepada dua desa di Jawa Tengah (Jateng), yakni Sruni Kabupaten Boyolali dan Sambak Kabupaten Magelang.

Dua desa tersebut berhasil mengurangi emisi gas rumah tangga dan memerangi perubahan iklim. Seperti Desa Sruni yang berhasil membuat biogas dari limbah kotoran sapi. Warga desa juga memerangi kekeringan dengan memanen air hujan.

Sedangkan di Desa Sambak, warganya kompak membuat biogas dari limbah industri tahu rumahan.

“Desa Sruni selama lima tahun sudah tidak bergantung pada droping air bersih. Begitu pula Desa Sambak yang sukses menangani limbah tahu jadi energi terbarukan,” ujar Widi.

Widi menambahkan untuk mendukung perang melawan perubahan iklim, Pemprov Jateng memberikan dukungan sosialisasi dan bantuan berupa instalasi pengolahan limbah, serta memberikan bantuan bibit pohon.

Perang terhadap perubahan iklim juga dilakukan pada wilayah pesisir utara pulau Jawa guna menanggulangi dampak penurunan air tanah, baik di Pekalongan, Semarang, maupun Demak.

“Program yang dikembangkan seperti pembangunan MCK adaptif, restorasi mangrove dan rumah adaptif yang ramah lingkungan. Ini dilakukan untuk menghindari paparan rob atau land subsidence,” ujarnya.

Penghargaan Proklim 2021 juga diberikan kepada sejumlah daerah di Jateng yang menerima trofi kategori Proklim Utama yakni Dusun Lempong Pucung, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

RW 03 Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, RW 02 Kelurahan Laweyan Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang), dan Dusun Muntang Kecamatan Kemangkun, Purbalingga.

Di samping itu, Pemkab Magelang dan Pati didapuk sebagai pembina kampung Proklim tingkat kabupaten serta 16 wilayah menerima sertifikat Proklim kategori utama. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS