Begini Cara Memperbaiki Ponsel yang Basah Terkena Air

Sulistya - Selasa, 28 Februari 2023 19:01 WIB
Bukan dengan Beras, Ini Cara Memperbaiki Ponsel yang Basah Terkena Air (Freepik.com)

Jakarta, Jatengaja.com - Ketika telepon seluler (ponsel) basah akibat terkena air atau tercebur ke bak kamar mandi, jangan langsung panik. Biasanya, orang-orang akan menyarankan Anda untuk memasukkan ponsel basah tersebut ke dalam timbunan beras. Benarkah hal ini efektif?

Ternyata, metode memperbaiki ponsel yang basah terkena air dengan memasukkannya ke dalam sekantong beras tidak dapat membantu membuat ponsel jadi berfungsi lagi. Hal ini karena butiran beras berukuran kecil dan bisa memasuki ruangan atau port ponsel yang sebelumnya sudah lembap karena kemasukan air.

Seiring berjalannya waktu, area tersebut bisa menghasilkan jamur yang dapat menimbulkan kerusakan pada ponsel Anda. Selain itu, beras juga dapat menahan kelembapan di perangkat dan meningkatkan kemungkinan korosi.

Butiran beras yang membengkak jika tidak sengaja memasuki port ponsel dapat memberi tekanan pada bagian penting di perangkat sehingga membuat ponsel jadi tidak dapat dioperasikan dengan normal.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki ponsel yang basah terkena air dengan tepat? Berikut penjelasannya, dikutip dari www.trenasia.com.

Cara Memperbaiki Ponsel yang Basah Terkena Air

Cara Memperbaiki Ponsel yang Basah Terkena Air

1. Segera matikan ponsel

Air atau uap air yang terjebak di dalam perangkat dapat memberikan kejutan listrik. Anda juga perlu mengeluarkan baterai atau komponen lainnya yang dapat dilepas serta kartu SIM Anda.

2. Keringkan ponsel

Keringkan ponsel dengan lembut menggunakan kain lembut untuk menghilangkan kelembapan yang masih tersisa. Hindari menggunakan tisu atau handuk kertas karena bisa sobek dan meninggalkan partikel tisu atau handuk kertas di ponsel yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

3. Segera dapatkan bantuan

Setelah perangkat atau ponsel Anda sudah relatif kering, periksa apakah ada tanda-tanda kerusakan. Jika Anda menemukan masalah apapun, segera bawa perangkat ke layanan perbaikan profesional agar bisa diperbaiki.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki ponsel yang basah terkena air dengan tepat dan bukan menggunakan beras. Selamat mencoba. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS