Balai Kota Semarang Kini Miliki Pom Listrik Ultrafast

Sulistya - Rabu, 03 Mei 2023 10:40 WIB
Wali Kota Semarang, Mbak Ita, meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau pom listrik di area Balai Kota Semarang. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Kabar gembira bagi anda pemiliki kendaraan listrik yang tinggal di Kota Semarang dan sekitarnya. Pemerintah Kota Semarang telah meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau pom listrik di area Balai Kota Semarang, Selasa (2/5/2023).

Peresmian SPKLU bersamaan dengan perayaan HUT ke-476 Kota Semarang itu merupakan kerja sama dengan PT PLN (Persero). Peresmian dilakukan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu didampingi Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, dan jajaran Forkopimda Semarang.

“Ini kolaborasi dengan PLN, kami menyiapkan lahannya, Sedangkan, pembangunan SPKLU dilakukan oleh PLN,” tutur Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Dengan peluncuran ini, tercatat Kota Semarang menjadi kota/kabupaten pertama yang memiliki SPKLU di Jawa Tengah.

Wali kota perempuan pertama di Kota Semarang tersebut mengungkapkan kehadiran SPKLU merupakan bentuk dukungan Pemerintah Pusat dan mempercepat transisi kendaraan listrik di Kota Semarang.

"Apa yang sudah menjadi program pemerintah pusat, kita akan mendukung. Saya juga menyampaikan, ini PLN tidak sewa lahan, ini sama-sama plat merahnya sehingga ini salah satu support pemerintah kota Semarang,” kata mbak Ita, sapaan akrab wali kota dalam keterangan persnya.

Cukup 30 Menit

Wali kota berharap, SPKLU dapat memberikan manfaat bagi warga dan pemilik kendaraan listrik. Di samping itu, pihaknya ingin mendorong agar Pemkot Semarang juga menganggarkan untuk pengadaan kendaraan listrik untuk operasional pelayanan publik.

“Karena kalau dibangun, kendaraan listrik tidak ada sia-sia. Sebagai contoh pemerintah kota bisa melakukan pengadaan mobil atau motor listrik," ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, A Bargowo Wahyu Jatmiko menyatakan, teknologi SPKLU yang berada di area balai kota ini teknologi terbaru.

“Ini kami berikan yang spesial. Kapasitasnya 200kva, ini yang paling cepat, paling bagus untuk saat ini,” kata Jatmiko.

Untuk jenis ultrafast ini, Jatmiko menjelaskan, 1 mobil memerlukan waktu 30 menit agar full. Pada acara tersebut, juga terdapat penyerahan hibah 7 unit motor listrik dari Uwinfly bagi jajaran Forkompimda Kota Semarang. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS