Atasi Kemacetan Lalu Lintas, Jalan Veteran Semarang Bakal Jadi Satu Arah

SetyoNt - Rabu, 19 Juli 2023 08:52 WIB
Denah pemberlakukan satu arah Jalan Veteran Kota Semarang (Jatengaja.com/dok. semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Guna mengatasi kemacaten arus lalu, lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang bakal memberlakukan kebijakan sitem one way atau satu arah Jalan Veteran.

Sistem one way akan diterapkan mulai dari persimpangan Veteran (Indomaret) hingga Simpang S.Parman –Veteran, kemudian, Jalan Kiai Saleh dari Simpang Kyai Saleh (Kantor Golkar Jateng) hingga Veteran

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P. Martanto mengatakan sebelum diberlakukan akan dilakukan uji coba one way di Jalan Veteran dan Jalan Kiai Saleh yang sudah dimatangkan bersama jajaran Satlantas Polrestabes Semarang.

“Nantinya kendaraan dari Jalan Kariadi ke timur tidak boleh langsung ke Veteran. Namun, kendaraan lurus sampai perempatan Kiai Saleh baru belok kanan masuk ke Jalan Veteran,” katanya dilansir dari semarangkota.go.id, Rabu (19/7).

Menurut Endri ada beberapa pertimbangan memberlakukan sistem oneway di Jalan Veteran antara lain, tingkat kinerja Jalan Veteran cukup rendah dengan nilai V/C ratio 0,82 pada jam sibuk.

Selain itu di Simpang Veteran - Kyai Saleh terjadi kemacetan lalu lintas sehingga timbul antrean panjang dari masing-masing kaki simpang.

"Macet karena adanya crossing atau konflik lalu lintas antara arus yang menerus dari Jalan Veteran ke arah timur dengan arus yang belok kanan baik dari Jalan Veteran maupun dari Kalan Kyai Saleh,” ujarnya.

Endro memaparkan dengan sistem oneway ini, diharapkan bisa meningkatkan kapsitas jalan sehingga mampu menampung arus lalu lintas yang lebih besar.

Sistem ini diharapkan bisa mengurangi titik konflik lalu lintas pada persimpangan terutama konflik crossing, sehingga, hambatan yang ditimbulkan bisa diminimalkan.

"Dengan sirkulasi lalu lintas satu arah akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama kejadian tabrakan depan-depan," jelasnya.

Lebih lanjut, Endro mengatakan untuk tahapan pelaksanaan sistem one way ini sudah masuk dalam tahap pemasangan rambu larangan dan penataan parkir badan jalan.

Sementara untuk setting ulang APILL Simpang Kyai Saleh - Menteri Supeno - Karyadi dilakukan perubahan semula tiga fase pergerakan menjadi dua fase.

"Kami juga sudah mulai melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat," tuturnya.

Sosialisasi ini akan berlangsung selama satu bulan ke depan sebelum pelaksanaan uji coba. "Setelah sosialisasi kepada masyarakat selama satu bulan atau maksimal tanggal 18 Agustus 2023,” katanya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS