Antisipasi Bencana, BPBD Jateng Siapkan 9.631 Personel

Sulistya - Selasa, 09 November 2021 12:50 WIB
Apel kesiapsiagaan bencana digelar di halaman kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/11/2021). (Jatengaja.com/dok/Humas Pemprov Jateng)

Semarang, Jatengaja.com – Ramalan BMKG, wilayah Jawa Tengah akan dilanda cuaca ekstrem sampai Desember hujan akan tinggi, Januari akan turun dan Februari akan tinggi lagi. Karena itulah, semua komponen harus bersiap siaga sampai April guna antisipasi menghadapi situasi yang terburuk.

Semua elemen masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang kebencanaan diminta bersiaga. Informasi BMKG mencatat, Jateng akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat pada Desember nanti.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jateng, Safrudin mengatakan, pihaknya sudah mendata seluruh kekuatan kebencanaan di Jateng. Untuk personel, sudah siap 9.631 orang dengan berbagai kecakapan kebencanaan masing-masing.

"Untuk peralatan kita juga siap, sudah standby semuanya di daerah. Teman-teman BPBD Kabupaten/Kota juga sudah menggelar apel siaga, termasuk menyiapkan SDM dan lainnya. Logistik juga aman," tuturnya usai apel kesiapsiagaan bencana di halaman kantor Gubernur Jateng, Selasa (9/11).

Safrudin mengatakan, tidak hanya banjir dan tanah longsor, musim penghujan tahun ini juga diwaspadai adanya bencana banjir bandang. Seperti diketahui, banjir bandang terjadi di beberapa daerah, yang terbaru di Batu Malang.

"Kita juga antisipasi adanya banjir bandang, karena potensi itu juga ada di Jateng," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS