24 Pesilat Jateng Akan Berlaga pada Kerjunas Pencak Silat di Solo

SetyoNt - Sabtu, 09 September 2023 17:49 WIB
24 Pesilat Jateng Akan Berlaga pada Kerjunas Pencak Silat di Solo saat pamitan dengan pengurus KONI Jateng (Jatengaja.com/dok. KONI Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Pengprov IPSI) Jawa Tengah menerjunkan 24 pesilat terdiri atas 14 putra dan 10 putri pada Kejurnas sekaligus babak kualifikasi Pra PON 2024.

Ketua Pengprov IPSI Jawa Tengah (Jateng), Harry Nuryanto menyatakan para pesilat Jateng akan tampil dalam 12 nomor tanding dan 6 nomor seni.

Menurut Harry untuk menghadapi event Kejuaraan Nasional (Kejunas) sekaligus babak kualifikasi Pra PON 2024 para pesilat Jateng dengan bimbingan para pelatih digodok dalam pemusatan latihan daerah selama lima bulan di Graha Wiyata Patemon Gunungpati, Kota Semarang.

“Kami mantergetkan bisa meloloskan atlet silat ke PON 2024 sebanyak mungkin. Semoga Allah mengijabahi ikhtiar kita,” kata Yanto panggilan Harry Nuryanto saat pamitan kontingen pencak silat untuk menghadapi Kejurnas sekaligus babak kualifikasi PON 2024 di kantor KONI Jateng komples GOR Jatidiri Semarang, Jumat 8 September 2023.

Acara pamitan kontingen pencak silat dihadiri Sekum KONI Jateng Achmad Ris Ediyanto, Wakil Sekum BayU Eka Erdian, Kabid Pembinaan dan wakil Rumini dan Agus Raharjo serta Kabid Media-Humas KONI Darjo Soyat.

Dari IPSI hadir antara lain Sekum Kuncoro Dwi Wibowo dan pelatih Sigit Infantoro.

Kejurnas Pencak Silat yang diikuti seluruh provinsi di Indonesia akan berlangsung di UNS Solo 10-14 September mendatang.

Sementara empat pesilat Jateng yakni Khoirudin Mustakim (kelas A putra), Safira Dwi M (B putri), Atifa Fismawati (D putri), Tito Hendra SK (E putra) mendapar wild card, sehingga langsung lolos ke PON 2024 tanpa harus ikut babak kualifikasi.

Hal itu sebagai penghargaan atas prestasi mereka, menyumbang empat dari sembilan medali emas Indonesia pada SEA Games Kamboja 2023 lalu.

Wakil Ketua Umum IV KONI Jateng, Amir Machmud NS dalam kesempatan sama menyatakan, selain persiapan serius tetap menyerahkan hasil akhir kepada kekuasaan Allah.

''Sangat baik harapan dari Mas Yanto selaku ketua IPSI Jateng. Maka dari itu, tidak boleh takabur atas prestasi kita,” ujarnya.

Kabid Pembinaan dan Prestasi KONI Jateng Rumini menambahkan mendorong agar para pesilat tidak minder menghadapi lawan-lawannya.

''Semakin kuat lawan, kita harus lebih bersemangat untuk meraih hasil maksimal. Sebagai atlet, saya juga selalu tertantang untuk memecahkan rekor,” tandasnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS