22 Desa di Boyolali Naik Kategori Jadi Desa Mandiri

Sulistya - Kamis, 29 Desember 2022 11:29 WIB
Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) memberikan apresiasi kepada insan pemberdayaan desa. (dok/jatengprov.go.id)

Boyolali, Jatengaja.com – Sebanyak 22 desa yang ada di Kabupaten Boyolali mendapatkan kenaikan kategori menjadi Desa Mandiri.

Perlu diketahui, Desa Mandiri adalah predikat yang diberikan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Predikat tersebut diperoleh dari Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) memberikan apresiasi kepada insan pemberdayaan desa. Apresiasi diberikan Bupati Boyolali, M Said Hidayat di Ruang Merbabu, Kantor Bupati Boyolali, Rabu (28/12/2022).

Kepala Dispermasdes Kabupaten Boyolali, Yulius Bagus Triyanto menjelaskan, terdapat 22 desa yang ada di Kabupaten Boyolali yang mendapatkan kenaikan kategori menjadi Desa Mandiri.

“Di mana ada 22 desa yang mendapatkan kenaikan kategori desa, yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa. Desa Mandiri merupakan kategori yang tertinggi,” katanya dalam siaran pers.

Adapun 22 desa tersebut yakni Desa Karanggeneng, Kiringan, Mudal, dan Kebonbimo yang ada di Kecamatan Boyolali. Desa Bantengan, Sendang, Tegalsari, dan Kebonan yang ada di Kecamatan Karanggede. Desa Bade, Jaten, Klego, Tanjung, Sangge, Karangmojo, Banyuurip, dan Sumberagung di Kecamatan Klego.

Desa Simo dan Pelem di Kecamatan Simo. Desa Sindon, Donohudan, Ngesrep di Kecamatan Ngemplak. Serta, Desa Butuh di Kecamatan Mojosongo.

BUMDes

Juga diberikan penghargaan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik yakni kepada BUMDes Kemasan di Kecamatan Sawit, BUMDes Cepogo di Kecamatan Cepogo, dan BUMDes Mudal di Kecamatan Boyolali. Adapula penghargaan kinerja terbaik yang diberikan kepada Desa Karanggeneng di Kecamatan Boyolali.

Penghargaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Penanganan Kemiskinan Terbaik terdapat di Kecamatan Karanggede, Selo, dan Ampel.

Serta, penghargaan kecamatan pembina terbaik diberikan kepada Kecamatan Boyolali, Karanggede, dan Klego. Selain menjadi pembina terbaik, Kecamatan Klego juga dinobatkan sebagai kecamatan pembina terbaik I sekaligus merupakan kecamatan kinerja penyerapan dana desa terbaik lingkup wilayah kerja KPPN Klaten.

Said memberikan ucapan selamat kepada desa-desa yang telah menerima penghargaan. Bupati Said berharap, melalui penghargaan yang diraih mampu memberikan motivasi dan dapat meningkatkan kinerja lebih baik ke depan.

“Selamat kepada desa-desa yang tadi menerima penghargaan. Harapan kita dengan apa yang terkelola dengan baik seperti ini semoga dapat memberikan damapak positif dalam upaya kita bersama membangun Kabupaten Boyolali,” tuturnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS