100 Guru Ikuti Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Sulistya - Senin, 19 September 2022 22:36 WIB
Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Hotel Sendang Sari Batang.

Batang, Jatengaja.com –Lebih dari 100 guru matematika jenjang SMK dari berbagai daerah di Jawa Tengah, mengikuti workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Hotel Sendang Sari Batang, 16 - 24 September 2022.

Perlu diketahui, kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) memberikan keleluasaan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum.

Dalam hal ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah komunikasi antara sesama guru mata pelajaran Provinsi Jawa Tengah, khususnya Matematika SMK.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Jawa Tengah, Sumiran menuturkan, workshop diadakan guna meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru Matematika SMK. Selian itu, perumusan kurikulum untuk pembelajaran yang lebih optimal yang link and match sesuai kebutuhan Industri.

“Kurikulum di SMK harus nge-link dan match dengan kebutuhan industri sekarang,” tuturnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, MKKS SMK Provinsi Jawa Tengah, Widyaiswara / Praktisi Pendidikan UPGRIS, serta dari Fasilitator Guru Penggerak.

Disela-sela workshop, IndiHome hadir dengan dukungan Paket Pelajar Pengajar dan Jurnalis yang dikhususkan untuk profesi Pelajar Pengajar dan Jurnalis. Dhika Bachtiar dari IndiHome menuturkan, paket memiliki keunggulan diskon 70% biaya pemasangan dan biaya bulanan yang lebih murah, sehingga paket ini sangat sesuai dengan kebutuhan pengajar.

Dhika menyampaikan bahwa IndiHome juga menghadirkan aplikasi Pijar Belajar, sebuah aplikasi pembelajaran yang menarik dengan berbagai fitur video, pembahasan soal dan ebook dengan materi terupdate.

Antusiasme para peserta melalui berbagai pertanyaan pada sesi diskusi menambah meriah webinar IndiHome kali ini. Setelah sesi tanya jawab, diberikan 20 merchandise kepada peserta dan penanya terbaik. Tidak hanya itu saja, IndiHome juga memberikan informasi mengenai Paket IndiHome yang cocok untuk para Guru SMK se-Jawa Tengah untuk mendukung kegiatan mengajar bagi para siswa-siswinya.

“Momen ini diharapkan bisa rutin dilakukan, makin meriah dan kerja sama dengan IndiHome. Apalagi kita baru saja lepas dari pandemi, pesertanya cukup banyak. Cari suasana, setelah lama WFH menggunakan jaringan internet IndiHome tentunya.” tutur Santoso sebagai Ketua Panitia MGMP. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS