Tesla Akan Bangun Pabrik di India

Rabu, 21 Juni 2023 19:20 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

Beberapa mantan karyawan perusahaan Tesla menuntut perusahaan itu karena dianggap menyalahi aturan PHK massal di AS.
Ilustrasi pabrik Tesla.

New Delhi, Jatengaja.com - Perusahaan mobil listrik Tesla, berencana membangun pabriknya di India. 

Hal itu terungkap setelah CEO Tesla, Elon Musk bertemu dengan Perdana Menteri India, Narendra Damodardas Modi, Selasa, 20 Juni 2023.

Menurut Musk, Modi mendorong pembuat mobil untuk melakukan investasi yang signifikan di negara tersebut. Karenanya, Ia berharap akan segera melakukan investasi di Negeri Bolywood.

Mengutip Reuters, Rabu, 21 Juni 2023, sebuah sumber anonim mengatakan bahwa Musk telah melakukan pembicaraan dengan Modi terkait rencananya mendirikan basis manufaktur di India.

"Saya yakin Tesla akan berada di India dan akan melakukannya secepat mungkin," ujar Musk, dikutip dari www.trenasia.com.

Potensi Kuat

Musk mengatakan bahwa India memiliki potensi kuat untuk masa depan energi berkelanjutan. Potensi yang dimaksud termasuk diantaranya tenaga surya, paket baterai stasioner, dan kendaraan listrik.

Miliarder itu menambahkan bahwa ia berharap untuk membawa layanan internet satelit Starlink SpaceX ke India juga.

"Dia (Modi) sangat peduli dengan India karena dia mendorong kami untuk melakukan investasi yang signifikan di India, yang merupakan sesuatu yang ingin kami lakukan," kata Musk sebagaimana dikutip dari Reuters.

Perlu diketahui, belakangan ini, juru bicara kementerian luar negeri India memberi tahu lewat akun Twitternya bahwa Perdana Menteri India telah mengundang Musk untuk bertandang ke negaranya.

Kedatangan Musk dimafaatkan untuk menjelajahi peluang di India untuk investasi dalam mobilitas listrik dan sektor ruang komersial yang berkembang pesat.

Sebagaimana diketahui, negara Asia Selatan itu sekarang ingin mengizinkan beberapa perusahaan AS untuk awalnya berkolaborasi dengan perusahaan India untuk investasi di sektor antariksa.

Sekadar info, India membuka jalan untuk peluncuran swasta pada tahun 2020. Negara tersebut juga mendiring perusahaan luar angkasa swasta meningkatkan pangsa pasar peluncuran global hingga lima kali lipat dalam dekade berikutnya.

Pembicaraan Sejak Bulan Lalu

Sebelumnya, Eksekutif Tesla dikabarkan telah mengunjungi India untuk mengadakan pembicaraan dengan birokrat dan menteri India. Pembicaraan dilakukan untuk membahas perihal pembangunan basis manufaktur mobil dan baterai di India.

Musk mengatakan bulan lalu Tesla mungkin akan memilih lokasi untuk pabrik baru pada akhir tahun ini. Ia juga menambahkan India adalah tempat yang menarik untuk pabrik baru.

Sebagaimana diketahui, sejak terjadinya ketegangan AS dengan China, Perusahaan AS perlu mengurangi ketergantungan pada Negari Tirai Bambu sebagai basis manufaktur. (-)