September Kunjungi Indonesia, Paus Fransiskus Akan Ketemu Presiden dan Kunjungi Istiqlal

Selasa, 27 Agustus 2024 20:07 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

Paus Fransiskus
Kunjungi di Indonesia, Paus Fransiskus Akan Ketemu Presiden Serta Kunjungi Masjid Istiqlal (https://unsplash.com/photos/55k45BgfUF8)

Jakarta. Jatengaja.com - Pemimpinan umat Katolik dunia, Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan kunjungan resmi kenegaraan ke Indonesia pada 3-6 September mendatang.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan, Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta, Indonesia pada 3 September 2024, kemudian melakukan serangkaian kegiatan hingga 6 September.

“Yang Mulia Paus Fransiskus datang tanggal 3 September, kemudian tanggal 4 diterima oleh Bapak Presiden di Istana Negara Jakarta,” katanya dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 26 Agustus 2024 dilansir di setkab.go.id.

Heru menjelaskan terdapat sejumlah kegiatan Paus Fransiskus seperti menghadiri Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5 September 2024. 

Untuk mengantisipasi kepadatan, Heru mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pengalihan arus lalu lintas pada tanggal-tanggal penting tersebut.

“Saya mengimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 September untuk bisa memperhatikan dan menyesuaikan khususnya arus lalu lintas di mana nanti ada pengalihan di titik-titik tertentu,” ujarnya.

Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto menambahkan, selain Misa Akbar, terdapat kegiatan lain yang melibatkan Paus Fransiskus, termasuk kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Gedung Katedral. 

Selain itu, jelas Andy pada acara ISF, kegiatan pertemuan tidak hanya dilakukan di JCC tetapi juga akan dilaksanakan jamuan malam di Kompleks Monumen Nasional (Monas).

“Ada beberapa kegiatan lain yang akan melibatkan Paus Fransiskus, akan ada acara di Masjid Istiqlal dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, akan juga ada acara di Gedung Katedral di sekitar kawasan ini juga,” ujar Andy. (-)