PDIP Resmi Usung Mantan Penglima TNI Andika Perkasa Jadi Cagub di Pilgub Jateng 2024

Senin, 26 Agustus 2024 21:13 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

KSAD Jenderal Andika Perkasa/Foto:Minenews

undefined

Jakarta, Jatengaja.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mengusung mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa sebagai calon gubernur (cagub) di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Keputusan mengusung Andika Perkasa maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa tengah (Jateng) 2024 disampaikan Sekretaris Jenderal  DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga yang digelar di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024 .

Dalam kesempatan tersebut dilansir dari Trenasia.com jaringan Jatengaja.com, Hasto menegaskan Andika Perkasa adalah sosok yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan di Jateng, mengingat pengalaman dan kredibilitasnya sebagai mantan Panglima TNI.

“Mrantasi, beresin apa yang perlu diberesin. Loyalitas untuk rakyat dan negara tidak akan pernah pudar dalam diri saya,” tandasnya.

Sebagai pasangan  Andika, sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jateng, PDIP mengusung kadernya yang mantan Wali Kota Semarang yakni Hendrar Prihadi alias Hendi Hendi dikenal memiliki rekam jejak yang baik selama memimpin Semarang.

Penyerahan Surat Keputusan (SK) pengusungan pasangan cagub dan cawagub Andika dan Hendi di Pilgub Jateng 2024 dilakukan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Di momen penting ini, atas restu keluarga dan dukungan semua pihak, saya akan berjuang untuk masyarakat,  apapun hasilnya nanti, semoga menjadi yang terbaik untuk masyarakat Jawa Tengah," terang Andika.

Sementara,  Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mengusung mantan Kapolda Jateng Irjen Pol.  Ahmad Luthfi sebagai cagub di Pilgub Jateng 2024 yang dipasangan dengan cawagub Taj Yasin Maemoen. 

"Pada kesempatan ini pula saya selaku Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah mengimbau kepada seluruh kader, relawan, dan simpatisan untuk langsung bergerak bahu-membahu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi dan Gus Taj Yasin," terang Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jateng, sekaligus Wakil Menteri Pertanian, di Jakarta, dilansir Antara, Senin, 26 Agustus 2024.

Dengan adanya pertarungan dua jenderal purnawirawan di arena Pilgub Jawa Tengah, pertarungan politik kali ini diprediksi akan menjadi salah satu yang paling sengit dalam sejarah Pilgub di Jateng.  Kedua kandidat memiliki latar belakang perwira yang kuat, serta dukungan partai-partai besar yang memiliki basis massa yang luas di wilayah tersebut. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 26 Aug 2024