Lifter Asal Lampung Muhammad Husni Berhasil Pecahkan Rekor Nasional Angkat Besi Kelas 55 Kg

Kamis, 05 September 2024 15:53 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

angkat besi.jpg
Lifter Lampung, Muhammad Husni berhasil memecahkan rekor nasional angkat besi di kelas 55 kg pada cabang olahraga angkat besi PON XXI 2024. (dok.ponxxi.acehprov.go.id)

Banda Aceh, Jatengaja.com Terjadi pemecahan rekor nasional pada cabang olahraga angkat besi PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Lifter Lampung, Muhammad Husni berhasil memecahkan rekor nasional angkat besi di kelas  55 kg pada cabang olahraga angkat besi PON XXI 2024.

Muhammad Husni berhasil mengangkat barbel dengan total 269 kg dari angkatan Snatch 124 kg dan Jerk 145 kg pada cabang angkat yang digelar di GOR PABSI ‘Seuramoe Angkat Besi Harapan Bangsa’, Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Rabu 4 September 2024.

Sebelumnya rekor nasional angkat besi putra kelas 55 kg total seberat 254 kg juga atas nama Muhammad Husni.

“Ini PON pertama saya, jadi saya tidak menyangka bisa memecahkan rekor nasional. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur,” kata Husni dengan rasa haru dilansir ponxxi.acehprov.go.id.

Husni menyampaikan terima kasih kepada pelatih, pemerintah Lampung, dan orang tua yang selalu mendukungnya, serta berharap dapat terus meningkatkan prestasinya di masa mendatang.

Medali perak kelas 55 kg putra diraih lifter Jawa Barat, Satrio Adi Nugroho dan medali perunggu liftrer Jawa Timur, Angga Romansyah.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, menyampaikan apresiasi dan selamat atas pencapaian tersebut. 

“Selamat kepada M. Husni yang berhasil memecahkan rekor nasional. Ini membuktikan bahwa kualitas PON semakin baik. Semoga Husni termotivasi untuk berlatih lebih keras dan bisa mengukir prestasi di level dunia," ujar Marciano yang menyaksikan pertandingan.

Marciano juga menekankan kesuksesan PON tidak hanya diukur dari penyelenggaraan, tetapi juga dari prestasi atlet, termasuk seberapa banyak rekor nasional dan internasional yang dapat dipecahkan. 

Ia berharap lebih banyak rekor terpecahkan dalam cabang olahraga lainnya selama berlangsung PON XXI di Aceh dan Sumut.

“Sebagai Ketum KONI Pusat, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang mendukung terwujudnya prestasi ini, mulai dari atlet, pelatih, hingga penyelenggara PON XXI di wilayah,” ujar Marciano. (-)