Jelang MotoGP Mandalika, Infrastruktur Telekomunikasi Dipantau Intensif

Rabu, 16 Maret 2022 13:20 WIB

Penulis:Sulistya

Editor:Sulistya

16 mar telkom mandalika.jpg
Executive GM Divisi Service Operation Telkom, Akhmad Ludfy (keempat dari kiri) bersama EVP Divisi Enterprise Service Telkom, Teuku Muda Nanta (ketiga dari kanan) usai penandatanganan serah terima hasil rehearsal test seluruh jaringan TelkomGroup untuk mendukung MotoGP. (dok/Telkom)

 Jakarta, Jatengaja.com – Menjelang event perdana MotoGP di Sirkuit Mandalika, PT Telkom Indonesia intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur. 

Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Rangkaian diawali kunjungan Komisaris Telkom Indonesia, Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah SE MSc, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara, serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono. 

Selain jaringan, juga dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut. Simulasi dilakukan di beberapa titik kritis, di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi. 

Mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti.

Adapun Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari event World Superbike (WSBK) beberapa waktu lalu, dimana Telkom berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi. 

Performa Maksimum

Dikatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga siap untuk penyelenggaraan MotoGP. 

“Kami menjamin bahwa apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa kita panjatkan doa kepada Allah Swt agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik, dan apa yang kita harapkan berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung,” ujar Herlan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan tidak sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat. 

“Kami TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan event internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan event MotoGP,” ujar Edi.

Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920 Mbps. 

Selain itu, layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6 Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator. (-)