Atlet Jateng Peraih Medali Emas Peparnas Akan Diganjar Bonus 2024 Senilai Rp250 Juta

Selasa, 15 Oktober 2024 07:57 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

umkm.jpg
Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana menyatakan atlet Jateng Peraih Medali Emas Peparnas Akan Diganjar Bonus 2024 Senilai Rp250 Juta. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Solo, Jatengaja.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyatakan akan memberikan bonus kepada para atlet peraih medali Pekan Paralimpiade  Nasional (Peparnas) XVII  2024.

Menurut Nana Sudjana nilai bonus kepada atlet peraih medali Peparnas 2024 sama dengan bonus atlet peraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumut.

Rinciannya, untuk atlet peraih medali emas perorangan mendapatkan bonus senilai Rp250 juta, medali perak senilai Rp125 juta, dan atlet peraih medali perunggu senilai Rp62,5 juta.

“Tak tidak ada perbedaan bonus antara atlet PON dengan atlet Peparnas. Bonus tetap sama. Tak ada perbedaan,” ujar Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) usai acara Farewell Dinner Peparnas XVII di Keraton Kasunanan Solo, akhir pekan lalu.

Seperti diketahui kontingen Jateng menjadi juara umum ajang Peparnas XVII  2024 di Solo Raya yang berakhir Minggu 13 Oktober 2024.

Kontingen Jateng berhasil menjadi juara umum dengan membawa pulang  406 medali, yang terdiri dari 161 emas, 121 perak, dan 124 perunggu. 

Peringkat kedua ditempati Jawa Barat (Jabar) sebanyak 120 medali emas, 116 perak, dan 118 medali perunggu, ketiga ditempati DKI Jakarta dengan 39 emas, 29 perak, dan 36 medali perunggu.

Atas pencapaian ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengucapkan selamat dan apresiasi kepada kontingen Jateng yang keluar sebagai juara umum.

“Pencapain ini sesuai dengan komitmen awal kami yakni menjadi juara umum Perpanas 2024,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Nana menyampaikan terima kasih kepada  pemerintah pusat yang telah memercayakan pelaksanaan Peparnas 2024 di Solo Raya, Jateng. Serta memberikan penghargaan kepada panitia pusat dan daerah, atlet, official, dan sukarelawan yang telah berkontrinsi terhadap kesuksesan kegiatan.

“Selama pelaksanaan perhelatan Peparnas, semuanya berjalan dengan lancar, baik, dan kondusif. Penyelenggaraan ini secara umum berjalan sukses,” tandas.

Sementara, Ketua Pelaksana Peparnas XVII 2024, DB Susanto menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut, termasuk Pj Gubernur Jateng.

“Kalau ada kekurangan dalam pelaksanaan Peparnas, akan kami akan lakukan evaluasi untuk perbaikan ke depan,” kata dia.

Susanto menambahkan, penyelenggaraan Peparnas 2024 i sebagai wujud kehadiran negara untuk menjajarkan olahraga, yang tidak hanya untuk non disabilitas, tapi juga untuk penyandang disabilitas yang sama-sama bisa meraih prestasi. (-)