Aplikasi Sistem Pemakaman Online Kota Magelang Raih Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Jateng 2023

Sabtu, 01 April 2023 17:31 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

aplikasi simpel.jpg
Wali Kota Magelang (kanan) menerima penghargaan Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Jateng 2023. (dok.jatengprov.go.id)

Kota Megelang, Jatengaja.com - Aplikasi Sistem Pemakaman Online (Simpel) Kota Magelang meraih Top 5 kategori Kabupaten/Kota Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.

Aplikasi Simpel digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang untuk memudahkan dalam proses pelayanan pemakaman kepada masyarakat.

Wali Kota Magelang,  Muchamad Nur Aziz menjelaskan aplikasi Simple memberikan pelayanan pemakaman jadi lebih mudah dan transparan, tidak ada privilege dan semuanya jelas. 

“Masyarakat mudah mengakses, lebih cepat, termasuk biaya, dan sebagainya,” katanya usai menerima penghargaan dari Top 5 KIPP dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Piagam penghargaan disampaikan pada acara Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan Perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2023 di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Kamis (30/3/2023).

Lebih lanjut Wali Kota Magelang mengatakan, OPD/BUMD di Kota Magelang harus mampu mencetuskan inovasi, utamanya yang berbasis digital seiring perkembangan jaman sehingga pelayanan masyarakat akan semakin baik dan transparan.

“Kita dorong, dan semua OPD salah satu indikator kinerjanya harus membuat inovasi minimal satu. Harapan ke depan semua sudah digitalisasi sehingga bisa mengurangi biaya-biaya operasional,” ujarnya dilansir dari jatengprov.go.id.

Sementara, Kepala DLH Kota Magelang, Makhmud Yunus menjelaskan, selama ini izin pemakaman identik dengan premanisme, retribusi yang tidak teratur, penataan yang kurang baik. 

Aplikasi Simpel hadir sehingga petak pemakaman jadi lebih teratur menggunakan sistem blok dan pembayaran retribusi bisa memakai sistem online.

“Dengan Simpel, proses perizinan dipangkas yang semula 1-2 minggu sekarang bisa 1-2 hari saja setelah pembayaran. Simpel berbasis web, bukan android, jadi mudah dan ringan untuk ponsel,” jelas Yunus.

Yusnu menambahkan aplikasi Simpel sudah beroperasi sejak 2020 dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk untuk pemakaman di TPU Giriloyo Kota Magelang.

“Melalui aplikasi Simple, pemohon/ahli waris dapat mendaftar perizinan pemakaman, perpanjangan izin pemakaman, izin pemakaman tumpangan dan perpanjangan izin makam tumpangan serta pemesanan petak makam secara online,” ujarnya. (-)