UMKM Tetap Menjadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional pada 2023

Sulistya - Selasa, 03 Januari 2023 19:19 WIB
Nampak aktifitas produksi pengrajin ecoprint tengah menyelesaikan pesanan di kawasan Depok Jawa Barat, Senin 2 Januari 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebab, kelompok UMKM ini memiliki jumlah yang paling banyak dibanding unit usaha lain. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal, UMKM memiliki kontribusi terhadap PDB yaitu sebesar 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp8.500 triliun pada tahun 2020.

Proyeksi UMKM 2023 bisa menjadi solusi yang menentukan pertumbuhan ekonomi nasional. UMKM merupakan fundamental ekonomi nasional yang sudah terbukti berpuluh-puluh tahun, bahkan dalam masa krisis sekali pun. Indonesia tidak bisa hanya menggantungkan dirinya pada investasi dan ekonomi global. Pasalnya, saat ini saja ekonomi global sedang dilanda ancaman resesi yang kian nyata.

Ancaman resesi menghantui semua negara di dunia. Beberapa di antaranya bahkan sudah masuk jurang resesi dan mengalami peningkatan inflasi. Bagi Indonesia, resesi masih menjadi ancaman yang membahayakan. Meski begitu, pengalaman membuktikan bahwa selama masa-masa sulit, mulai dari krisis 1998 sampai pandemi Covid-19, UMKM merupakan garda terdepan ekonomi nasional.

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Panji Asmoro pada 03 Jan 2023

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS