Uji Coba, Kereta LRT Jabodebek Tabrakan di Cibubur

Sulistya - Senin, 25 Oktober 2021 16:21 WIB
Penampakan uji coba LRT Jabodebek yang bertabrakan.

Jakarta, Jatengaja.com - Light Rail Transit (LRT) Jabodebek mengalami kecelakaan pada saat uji coba hari ini, Senin, 25 Oktober 2021.

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, dijelaskan bahwa peristiwa tersebut terjadi di kawasan Munjul, Cibubur Jakarta Timur.

"Tampak ada bagian rangkaian LRT yang sampai berada di posisi rangkaian atas lainnya," tulis akun Instagram Info Cibubur. Damkar Jatim pun disebut tengah meluncur ke lokasi untuk menangani kecelakaan tersebut.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk Farid Budiyanto menyatakan belum bisa membeberkan kronologi peristiwa tersebut secara rinci. Dia juga menyebut perihal penyedia sarana perkeretaapian merupakan tanggung jawab PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

“Untuk keretanya dari INKA, ADHI hanya (sebagai penyedia) prasarana,” ujarnya saat dikonfirmasi TrenAsia.com.

Adapun dari pihak INKA belum memberikan informasi hingga berita ini diterbitkan.

Belum lama ini memang dilaporkan perkembangan terbaru rangkaian kereta atau trainset terakhir dari LRT Jabodebek sudah tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Jawa Barat.

Kereta tersebut dikirimkan dari pabrik milik PT INKA (Persero) di Madiun, Jawa Timur Setelah selama tiga hari. Dalam setiap pembangunan proyek infrastruktur, ADHI mengaku senantiasa memastikan uji kelayakan melalui tes beban.

Sebanyak enam kereta dalam satu rangkaian tiba dan langsung diangkut secara perlahan untuk naik ke lintasan. Trainset ini merupakan kereta terakhir sejak pengiriman pertama pada Oktober 2019.

Pada 16-17 Oktober 2021, ADHI juga telah melakukan tes beban pada infrastruktur prasarana LRT Jabodebek yang meliputi bentang panjang di atas jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Lingkup pekerjaan ADHI dalam proyek ini mencakup, penyambungan lintasan, pembangunan fisik stasiun, jalur layang, trackwork dan lintasan rel, serta persinyalan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Aprilia Ciptaning pada 25 Oct 2021

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS