Tantangan Menjaga NKRI Tak Lagi Mudah

Sulistya - Minggu, 13 Februari 2022 21:07 WIB
Bupati Jepara, Dian Kristiandi melantik pengurus DPC Petanesia Kabupaten Jepara. (Jatengaja.com/dok/jatengprov.go.id)

Jepara, Jatengaja.com – Bupati Jepara, Dian Kristiandi menuturkan, dirinya merasakan saat ini betapa tantangan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak lagi mudah.

“Meskipun kita mendapat bonus demografi, jika tidak mampu menjaganya maka akan menjadi bumerang bagi kita,” tutur Bupati Jepara dalam siaran persnya saat pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Jepara di Pura Dharma Loka, Desa Plajan, Kecamatan Pakisaji, Sabtu (12/2/2022).

Menurutnya, keberagaman yang ada di Indonesia harus dirawat, agar keutuhan NKRI tetap terjaga. Petanesia diharapkan mampu menjadi kekuatan, sekaligus benteng untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bupati berharap, kehadiran Petanesia dapat menambah kekuatan baru untuk menjaga NKRI.

“Dengan jajaran struktural yang terdiri dari para kiai, pendeta, biksu, dan memiliki pemikiran yang sama terkait persatuan dan kesatuan, saya yakin, cita-cita organisasi ini untuk menjadi benteng Pancasila dapat terwujud,” tuturnya.

Ketua Umum DPP Petanesia, M Eko Priyono menyampaikan, Petanesia merupakan kelanjutan dari perkumpulan Pecinta Merah Putih Indonesia (PMPI), yang didirikan oleh Habib Luthfi bin Yahya pada 2005. Petanesia didirikan sebagai respons atas kondisi NKRI yang rentan terhadap perpecahan dan konflik karena perbedaan.

“Salah satunya, menumbuhkembangkan semangat kerukunan, kegotong-royongan, persatuan dan kesatuan. Serta cinta tanah air dan bangga pada tanah air Indonesia,” ujarnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS