Puluhan Peserta Ikuti Sindoro-Sumbing Duathlon 2023 Wonosobo

SetyoNt - Minggu, 17 Desember 2023 12:22 WIB
Puluhan Peserta Ikuti Sindoro-Sumbing Duathlon Duathlon 2023 Wonosobo (Jatengaja.com/dok.Humas Pemprov Jateng)

Wonosobo, Jatengaja.com - Puluhan peserta dari berbagai daerah mengikuti ajang olahraga Sindoro-Sumbing Duathlon 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Wonosobo.

Ajang Sindoro-Sumbing Duathlon #4 merupakan event tahunan yang menggabungkan dua cabang olahraga, yaitu bersepeda dan lari dengan menempuh jarak 30 kilometer, rincian lari sejauh 10 kilometer dan bersepeda 20 kilometer.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menjadi salah satu peserta Sindoro-Sumbing Duathlon 2023 yang digelar pada Sabtu 16 Desember 2023.

Bersama sekitar 57 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, Sekda Jawa Tengah (Jateng) berlari dan bersepeda melintasi Perkebunan Teh Blembem Kretek, Wonosobo.

Sumarno mengatakan, Sindoro-Sumbing Duathlon merupakan ajang sport tourism yang menyuguhkan keindahan alam pegunungan itu, diharapkan menarik wisatawan dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Rutenya sangat menarik di areal perkebunan teh. Ini menjadi bagian dari sport tourism. Saya ingin ke depan ini lebih besar lagi,” katanya yang mampu menembus finish dengan catatan waktu 1.37 menit.

Event ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan provinsi lainnya. Bahkan, atlet Duathlon Sea Games Sedilta Pilon Nubatonis, M. Fauzan dari Pelatda Jateng, dan sejumlah atlet nasional turut menyemarakan Sindoro-Sumbing Duathlon.

Sumarno berharap, kedepan kegiatan yang diselenggarakan Pemprov Jateng, Pemkab Wonosobo, Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jateng, dan stakeholder terkait ini diperisapkan lebih baik lagi.

“Perlu didorong lagi adalah penyiapan jalur yang akan dilalui peserta dibuat lebih nyaman dan aman. Selain itu, kegiatan ini bisa dipadukan dengan event wisata lain di Wonosobo,” ujarnya.

Sindoro-Sumbing Duathlon ditutup dengan penyerahan medali dan hadiah kepada para pemenang. Hadiah diserahkan Sekda Jateng didampingi Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat dan Forkopimda setempat.

Para pemenang terbagi empat kategori, yakni sprint putra/putri, relay, TNI/Polri, dan usia di atas 35 tahun. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS