Produk Wedang Rempah Asal Magelang Tembus Jepang Setelah Ikuti Lapak Ganjar

SetyoNt - Jumat, 25 November 2022 23:22 WIB
Produk Wedang Rempah Magelang Tembus Jepang Setelah Ikuti Lapak Ganjar (Jatengaja.com/dok.Humas Pemprov Jateng)

Magelang, Jatengaja.com - Produk wedang rempah kemasan merek D'liz asal Jowahan RT 1 RW 5, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang Jawa Tengah (Jateng) mampu menembus pasar Jepang

Pemilik usaha wedang remoah kemasan D'liz, Elisa Anggraeni menyatakan sudah lebih dari sekali produknya dikirim ke Negeri Sakura.

“Setelah mengikuti Lapak Ganjar yakni @lapakganjar dan @ganjar_pranowo produk kami semakin dikenal sampai ke Jepang,” katanya, Jumat 25 November 2022.

Menurut Elisa setelah mengikuti Lapak Ganjar milik Gubernur Jateng Ganjar Pranowot mulai dirasakan peningkatan penjualan termasuk dari luar negeri yakni Jepang.

Sebelum ikut Lapak Ganjar, lanjut Elisa produk wedang rempah pembelinya dari hanya di dalam Kabupaten Magelang hingga luar kota, belum pernah menjual produknya hingga ke luar negeri.

“Tapi semenjak ikut Lapak Ganjar ini ada pesanan dari Jepang sudah dua kali pesan wedang rempah,” ujarnya.

Elisa menambahkan manfaat ikut Lapak Ganjar lainnya yaitu usahanya kini jadi lebih dikenal masyarakat dan banyak yang order. Penjualan meningkat sekitar 15%.

Saat ini, jumlah produksi wedang D'liz telah mencapai 200 pieces per hari, dengan omzet sekitar Rp800 ribu per hari. Jumlah karyawan mencapai lima orang dan akan bertambah tiga orang bila terjadi peningkatan produksi.

Sebagai pelaku UMKM, imbuh Elisa merasa benar-benar terbantu dengan program Lapak Ganjar. Mengingat, jumlah pengikut follower medsos Instagram Gubernur Jateng mencapai 5,3 juta.

“Program Lapak Ganjar membantu karena Pak Ganjar adalah publik figur yang banyak disukai oleh orang-orang. Dari anak muda sampai orang tua. Jadi lebih dikenal,” ujarnya.

Produknya merupakan wedang rempah sejenis wedang uwuh asal Yogyakarta. Yang membedakan, wedang uwuh dan rempah adalah komposisi dan manfaatnya.

"Wedang uwuh itu lebih ke hangat dan pedas. Kalau wedang rempah ini menyegarkan. Cocok untuk kalangan milenial, kalangan masa kini dan anak muda,” ujar Elisa. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS