Presiden Jokowi Resmi Buka Ajeng Peparnas 2024 di Solo yang Berlangsung Meriah

SetyoNt - Senin, 07 Oktober 2024 08:41 WIB
Presiden Jokowi Resmi Buka Ajeng Peparnas 2024 di Solo yang Berlangsung Meriah (dok.setneg)

Solo, Jatengaja.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka ajang olahraga atlet penyandang disabilitas di Indonesia yakni Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024.

Upacara pembukaan ajang Peparnas XVII 2024 disaksikan ribuan penonon berlangsung meriah diwarnai pesta kembang api di Stadion Manahan Solo, Minggu malam (6/10/2024).

Peparnas 2024 diikuti 35 kontingen yang berasal dari 35 provinsi di Indonesia, dengan total atlet dan offisialnya sebanyak 5.178 orang. Mereka akan berlaga untuk 20 cabang olahraga yang berlangsung 6-13 Oktober 2024.

“Mari kita sukseskan Peparnas ini yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, tetapi juga panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya,” ujarnya.

Menurut Presiden Jokowi, Peparnas XVII 2024 sangat spesial, karena rela terbang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur menuju Kota Solo demi menghadiri secara langsung upacara pembukaan dan berjumpa dengan para peserta.

"Buat saya, Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Tadi siang, saya terbang dari IKN ke Solo, khusus untuk pembukaan Peparnas XVII, khusus untuk bertemu dengan para atlet, ofisial, dan peserta. Saya senang bertemu dengan bapak, ibu, dan saudara, malam ini,” ujarnya.

Kepala Negara menegaskan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap atlet penyandang disabilitas di seluruh Tanah Air. Menurut Jokowi, selain daya juangnya yang luar biasa, prestasi atlet penyandang disabilitas di Indonesia juga membanggakan.

Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan keberhasilan kontingen Indonesia dalam mencatatkan tiga kali juara umum secara beruntun pada ajang ASEAN Para Games. Prestasi tersebut diukir pada edisi 2017, 2022, dan 2023.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di Peparnas 2024, serta mengapresiasi berbagai pihak yang ikut menyukseskan ajang multievent olahraga disabilitas ini.

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan Peparnas 2024 ini,” katanya.

Sebanyak 20 cabang olahraga yang akan digelar pada Peparnas XVII 2024 yang berlangsung 6-13 Oktober di Solo. Cabang olahraga tersebut antara lain Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS