Polda Jateng Sebut 512 Kios Relokasi Pasar Johar Semarang Ludes Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

SetyoNt - Kamis, 03 Februari 2022 15:10 WIB
Polda Jateng Sebut 512 Kios di Relokasi Pasar Johar Semarang Ludes Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan jumlah kios di relokasi Pasar Johar Semarang yang terbakar pada Rabu (2/2) malam sebanyak 512 unit.

Kapolda Jateng Irjen. Pol Ahmad Luthfi melalui Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol, M. Iqbal Adqudusy menyatakan, kios di relokasi Pasar Johar yang ludes berlokasi di blok E-1 sampai E-8 serta blok F-1 sampai F-8.

“Dari hasil pendataan jumlah kios di relokasi Pasar Johar yang ludes terbakar pada Rabu (2/2) malam tercatat sebantak 512 kios,” katanya kepada wartawan, Kamis (3/2).

Kebakaran yang terjadi Jumat sekitar pukul 18.30 WIB dapat dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB dengan mengerahkan belasan mobil pemadam kebakaran dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan tiga mobil water canon milik Polrestabes dan Polda Jateng.

Menurut Iqbal dari keterangan sejumlah saksi pertama sumber api yang berasal dari kios yang berada di Blok F-4, kemudian api tersebut menjalar ke Blok F dan Blok E.

Kobaran api cepat menyebar karena lokasi antarkios yang berdempetan. Selain itu di lokasi terdapat banyak bahan material yang mudah terbakar, serta saat kejadian angin berhembus kencang.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ratusan kios di relokasi Pasar Johar pada Jumat (2/2) malam.Untuk nilai kerugian material masih dilakukan pendataan,” ujar Iqbal.

Sementara, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Winarsono kepada wartawan menyatakan jumlah pedagang Pasar Johar yang terdampak kebakaran mencapai 1.168 pedagang.

“Perinciannya untuk kios di Blok E sebanyak 602 pedagang, dan di kios Blok F sebanyak 566 pedagangan,” katanya.(-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS