Polda Jateng Gelar Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolda Baru Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo

SetyoNt - Sabtu, 03 Agustus 2024 22:28 WIB
Polda Jateng Gelar Tradisi Pedang Pora Sambut Kapolda Baru Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo (beri hormat). (jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Polda Jawa Tengah (Jateng) menggelar acara tradisi pedang pora untuk menyambut kedatang Kapolda Jateng yang baru, Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo.

Acara tradisi pedang pora dipimpin Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho serta dihadiri jajaran pejabat utama Polda Jateng serta anggota Bhayangkari berlangsung dari pintu gerbang hingga lobi Mapolda Jateng di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (2/8/ 2024).

Prosesi pedang pora dimulai dengan laporan situasi Makopolda selanjutnya pengalungan bunga oleh Wakapolda kepada Kapolda Jateng Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, diikuti penyerahan bucket bunga oleh Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah kepada Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah.

Selanjutnya, Brigjen Pol. Ribut Hari Wibowo melewati gerbang pedang pora, sebuah tradisi yang melambangkan penghormatan dan penghargaan tinggi.

Setelah prosesi pedang pora, Kapolda Jateng berjalan menuju lobi, melewati jajar kehormatan diiringi oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) dengan cucuk lampah wayang Gatotkaca yang kekuatan dan keberanian.

Dalam sesi laporan kesatuan, mantan Kapaolda Jateng, Komjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan beberapa hal penting kepada Kapolda Jateng, beliau menekankan baik buruknya kesatuan ditentukan oleh sikap pribadi masing-masing anggota Polri di Jateng.

“Semakin baik sikap perorangan anggota, maka semakin baik pula kesatuan Polda Jateng secara keseluruhan,” katanya.

Sementara, Ribut Hari Wibowo mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dan dukungan yang diberikan seluruh jajaran Polda Jateng.

“Stabilitas kamtibmas di Jateng selama kepemimpinan Komjen Pol Ahmad Luthfi senantiasa aman dan kondusif semua program yang sudah terlaksana dan yang baik akan diteruskan,” ujarnya. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS