Mulai Hari Ini, One Way Diberlakukan dari Tol Kalikangkung Semarang Hingga Cikampek

SetyoNt - Jumat, 06 Mei 2022 19:51 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi memberikan keterangan pemberlakukan one way arus balik Lebaran di gerbang tol Kalikangkung, Semarang pada Jumat (6/5). (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Semarang, Jatengaja.com - Mulai hari ini Jumat (6/5) resmi diberlakukan kebijakan satu jalur atau one way arus balik Lebaran 2022 dari gerbang tol Kalikangkung Kota Semarang Jawa Tengah (Jateng) sampai Cikampek Jawa Barat.

Pemberlakuakn one way di jalan tol Trans Jawa tersebut tidak menutup kemungkinan sampai Minggu (8/5) yang merupakan puncak arus balik Lebaran. Serta diberlakukan selama 24 jam.

Pemberlakukan one way ditandai dengan pelapasan bus yang mengangkut penumpang arus balik Lebaran gratis oleh Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan , Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono serta Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudidi gate tol Kalikangkung, Semarang pada Jumat (6/5/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abioso Senoaji serta sejumlah pejabat utama Polda Jateng lainnya.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan one way pada arus balik Lebaran ini merupakan bagian dari tugas negara dan amanat Presiden untuk menciptakan mudik lebaran yang aman dan sehat.

Pengaturan lalu lintas selama lebaran, kata Menhub, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan jaminan keamanan pada masyarakat selama mudik Lebaran.

“Memberikan apresiasi pada peran TNI- Polri serta stakeholder terkait dalam mengamankan serta mengatur kelancaran arus mudik dan balik Lebaran,” ujar Budi.

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan hasil evaluasi arus mudik Lebaran tahun 2022 lebih baik dibandingkan atas 2019 di mana angka kecelakaan lalu lintas menurun.

“Saya harap perkembangan positif ini dipertahankan pada arus balik kali ini. Mengapresiasi peran Polri serta TNI dan stakeholder terkait yang telah berupaya maksimal dalam mengamankan dan memperlancar arus lalu lintas selama mudik Lebaran,” ujarnya.

Sedangkan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menegaskan bahwa penerapan one way merupakan realisasi dari jadwal yang sudah dibuat untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik Lebaran.

“Kepada masyarakat yang terdampak penerapan one way kami meminta untuk memanfaatkan jalur alternatif yang ada. Pilih waktu sore atau malam hari saat tingkat kesibukan masyarakat menurun,” pintanya.

Kakorlantas juga meminta masyarakat pengguna jalan tol agar tidak menunggu di depan pintu tol mengingat penerapan one way dapat berlangsung penuh 24 jam hingga 8 Mei 2022.

“Kami harap masyarakat tak menunggu di depan pintu tol, karena bisa membuat macet,” harap Firman. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS