MU Dikabarkan Diakuisisi Rp111,7 Triliun oleh Crazy Rich Qatar Sheikh Jassim

Sulistya - Rabu, 14 Juni 2023 09:33 WIB
Markas Manchester United, Old Trafford. (manutd.com)

Jakarta, Jatengaja.com - Crazy Rich asal Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad bin Jaber Al Thani, disebut menyediakan dana ratusan triliun rupiah untuk memuluskan langkah menjadi pemilik baru Red Devils.

Pengusaha Qatar itu dikabarkan sukses mengakuisisi Manchester United (MU) dari keluarga Malcolm Glazer.

Dilansir dari Manchester Evening News, Selasa 13 Juni 2023, Sheikh Jassim telah melayangkan tawaran kelima untuk membeli 100 persen saham United pekan lalu. Tawaran itu disebut mencapai 6 miliar poundsterling atau setara Rp111,7 triliun. Angka tersebut dikabarkan menjadi tawaran terakhir Sheikh Jassim pada Glazer.

Dikutip dari www.trenasia.com, Jassim telah berminat mengakusisi MU sejak awal tahun 2023. Pada Februari 2023, pihaknya telah mengajukan penawaran lewat yayasan Nine Two Foundation senilai 5 miliar poundsterling. Jassim yang juga pemimpin Qatar Islamic Bank itu awalnya bersaing dengan taipan Inggris, Sir Jim Ratcliffe, yang dikabarkan turut meminati MU.

Sheikh Jassim kemudian memberi ultimatum pada Glazer untuk menerima tawaran 6 miliar poundsterling atau tidak sama sekali. Hal itu setelah Glazer dikabaran tak puas dengan penawaran Sheikh Jassim.

Pengusaha Qatar, Sheikh Jassim.

Sejumlah media Inggris melaporkan Glazer telah menghubungi pemilik Paris Saint-Germain (PSG), Nasser Al Khelaifi. Glazer meminta bos PSG membujuk Jassim agar menaikkan tawaran. Namun sejumlah laporan terkini di Qatar menyebut Sheikh Jassim telah menjadi pemenang untuk akusisi United.

Fans Sejak Era Ferguson

Pengusaha 41 tahun itu pun telah mendapatkan selamat dari rekannya yang merupakan Wakil Presiden Canadian Qatari Business Council and Chairman of Armasite Group, Zaid Al-Hamdan. “Selamat kepada Shaikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim atas usahanya mengakuisisi Man United,” cuit Zaid Al Hamdan di Twitter.

Sebelumnya media Qatar, Al Watan, turut mengumumkan pembelian tersebut. Al Watan merupakan media yang dimiliki keluarga Sheikh Jassim. “Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim sukses atas mengakuisisi Manchester United, pengumuman kesepakatan akan segera dibuat,” demikian tulis Al Watan.

Al Thani mengaku berambisi membeli MU karena merupakan fans berat klub tersebut sejak era Sir Alex Ferguson. Dia ingin mengembalikan kejayaan klub baik di dalam maupun di luar lapangan. “Dan di atas segalanya, akan berusaha menempatkan para penggemar di jantung klub sepak bola Manchester United lagi,” demikian pernyataan Al Thani pada akhir Februari lalu. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS