Mahasiswi Asal Klaten Mia, Sukses Buka Usaha Buket Edelwaysbouquet

SetyoNt - Jumat, 20 Januari 2023 22:27 WIB
null (Instagram / edelwaysbouquet)

Jakarta, Jatangaja.com - Usaha kerajinan tangan buket memilik prospek bisnis yang cerah, karena peminatnya cukup banyak seiring dengan gaya hidup kaum muda untuk memberikan hadiah kepada sahabat atau kerabat saat wisuda sarjana, ulang tahun, dan lainnya.

Buket adalah kerajinan tangan berupa sebuah rangkaian bunga yang disusun dengan menarik. Namun dalam perkembangan bisa menggunakan uang, snack, boneka, serta barang lain sesuai keinginan konsumen.

Melihat peluang ini, mahasiswi tahun akhir di UIN Raden Mas Said Surakarta bernama Krismianti Pandu Listyani atau kerap disapa Mia memutuskan untuk membuka usaha buket.

Perempuan kelahiran Klaten, 14 Agustus 1998 ini membuka usaha buket bernama edelwaysbouquet. Beralamat di Lumbung Kerep, Wonosari, Klaten bisnis ini tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan tempat di hati pelanggannya karena kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.

Dilansir dari trenasia.com jaringan Jatengaja.com, awal mula Mia membuka edelwaysbouquet ini adalah ketika waktu itu di awal tahun 2022 saudaranya memintauntuk membuatkan buket bunga. Akhirnya Mia membeli bahan-bahan untuk membuat buket di toko floris dekat rumahnya.

Iseng-iseng saja, hasil karyanya difoto dan diposting di WhatsApp story. Tak disangka respon dari teman-temannyapun sangat bagus. Banyak yang meminta ia untuk membuka PO ( purchase order ) buket. Disitulah awal mula Mia menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan sembari menyelesaikan tugas akhir skripsinya.

Mia mendapatkan pesanan pertama buket dari temannya sendiri, dari situlah mulai memiliki foto-foto buket untuk akhirnya dijadikan katalog dan branding bisnisnya di berbagai sosial media seperti WhatsApp dan Instagram.

Jenis-jenis produk buket yang ada di edelwaysbouquet sangat beragam seperti buket rokok, buket bunga fresh, buket bunga kering, buket bunga artificial, lampu akrilik, hampers yang bisa diisi sesuai request, buket snack, buket uang, hingga buket boneka.

Hampir semua produk edelwaysbouquet dikerjakan sendiri oleh Mia sesuai dengan permintaan dari customer mulai dari isian, bahan, hingga konsep pemilihan warna. Sehingga harga yang dibandrolpun beragam mulai dari Rp10 ribuan saja hingga ratusan ribu.

Buket Uang / Instagram edelwaysbouquet

Roda memang selalu berputar, banyak jatuh bangun yang Mia rasakan ketika membawa bisnis edelwaysbouquet ini kurang lebih selama satu tahun. Dalam wawancaranya dengan TrenAsia, mengungkapkan bahwa kendalanya dalam menjalankan bisnis biasanya adalah pesanan dadakan dengan bahan-bahan yang tidak ready stock.

Di sinilah biasanya Mia memutar otak agar tidak mengecewakan pelanggan. Biasanya jika masih memungkinkan Mia akan tetap berusaha untuk mencarikan bahan sesuai permintaan customer, tetapi jika sudah tidak memungkinkan, biasanya ia akan menawarkan opsi lain kepada customer.

Seperti mengganti bahan dengan yang ada. Mia juga mengungkapkan harapan kedepannya untuk edelwaysbouquet. Ia berharap edelwaysbouquet akan semakin berkembang, dan ingin segera memiliki toko florist agar bisa menyetok bunga fresh sendiri.

Bagi Kamu yang berminat untuk memesan produk edelwaysbouquet silahkan DM (direct message) melalui akun instagram @edelwaysbouquet atau langsung mengirim pesan ke WhatsApp 0858-0481-4816.

Edelwaysbouquet juga menerima pemesanan dengan pilihan pengiriman ambil di rumah, COD, antar sampai rumah, hingga melalui layanan gosend. Untuk pembayarannyapun terhitung sangat mudah, Kamu dapat membayar pesanan melalui cash, shopeepay, dana hingga transfer bank.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai kisah sukses UMKM buket edelwaysbouquet. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 20 Jan 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS