Luar Biasa, Film Animasi Super Mario Bros Raup Pendapatan Rp14,6 Triliun

SetyoNt - Selasa, 02 Mei 2023 11:41 WIB
Luar Biasa, Film Animasi Super Mario Bros Raup Pendapatan Rp14,6 Triliun

Jatengaja.com - Film animasi Super Mario Bros yang mengadaptasi permainan legendaris, Super Mario Bros menciptakan rekor membukukan pendapatan lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14,6 triliun secara global.

Pendapatan ini menjadikan film animasi Super Mario Bros sebagai film pertama box office yang meraup pendapatan di atas US$1 miliar serta menjadi satu-satunya film adaptasi video game yang menghasilkan pendapatan terbesar sejak pandemi Covid-19 berlangsung.

Mengutip Box Office Mojo Selasa, 2 Mei 2023, pencapaian film animasi Super Mario Bros meraup lebih dari dua kali lipat dari film terlaris kedua tahun ini, yaki Ant Man and Te Wasp: Quantumania buatan Marvel.

Marvel Cinematic Universe yang menjadi franchise superhero terlaris dunia saat ini belum mengklaim posisi teratas tahunan di box office global sejak "Avengers: End Game" tahun 2019 lalu. Berdasarkan jajak pendapat tahun 2022, bahwa minat terhadap film-film Marvel sedang menurun.

Meskipun "Ant-Man and the Wasp: Quantumania" membuka angka box office domestik US$106 juta atau Rp1,5 triliun. Angka ini jauh jauh dari harapan lantaran gagal mencapai angka US$500 juta atau Rp7,3 triliun seperti halnya film Marvel lainnya.

Pencipta Guardian Galaxy Sekaligus co-CEO DC Studio, James Gunn bahkan berpendapat bahwa saat ini genre super hero mulai membosankan.

"Jika Anda tidak memiliki cerita di dasarnya, hanya menonton hal-hal yang saling menghancurkan, tidak peduli seberapa pintar momen-momen itu, tidak peduli seberapa pintar desain dan VFX-nya, itu akan melelahkan, dan saya pikir itu sangat nyata," ujar James Gunn Saat diwawancara Rolling Stones beberapa waktu lalu dilansir dari trenasia.com jadringan Jatengaja.com.

Di luar rasa bosan terhadap film super hero, beberapa penonton mungkin hanya lelah mennoton film panjang. Tayang terpendek dari film top tahun lalu yakni Doctor Stange in The Multiverse of Madness adalah 126 menit. Sedangkan Avatar: The Way of Water berdurasi kisaran 192 menit.

Sementara itu, The Super Mario Bros hanya memiliki durasi tayang sepanjang 92 menit. Hal ini memungkinkan Universal Pictures untuk mengemas lebih banyak pertunjukan ke bioskop per hari untuk menangkan mereka yang mengeluhkan durasi film yang lama. (-)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 02 May 2023

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS