Libur Panjang, Jangan Sampai Terjadi Gelombang Ketiga Covid-19

Sulistya - Senin, 11 Oktober 2021 16:52 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin rapat evaluasi mingguan penanganan Covid-19, di lantai dua kantor Gubernur Jateng, Senin (11/10).

Semarang, Jatengaja.com - Kepala daerah di Jawa Tengah diimbau bersiap menghadapi libur panjang akhir tahun. Sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 harus digencarkan mulai sekarang.

“Menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, Kemenko Marinves sudah bicara dengan kita, karenanya mulai kita sosialisasikan agar jangan sampai ada gelombang ketiga klaster nataru,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, usai memimpin rapat evaluasi mingguan penanganan Covid-19, di lantai dua kantor Gubernur Jateng, Senin (11/10).

Salah satu langkah antisipasi yakni dengan menggenjot vaksinasi. Selain itu, gubernur juga meminta pada para kepala daerah di wilayahnya untuk tidak mengendorkan pengawasan.

“Saya sampaikan kepada kawan-kawan para bupati wali kota, agar tidak lengah terhadap pengawasan masyarakat. Masker yang paling utama nih nggak boleh dicopot,” tutur ganjar Pranowo.

Antisipasi dengan menggencarkan sosialisasi terkait protokol kesehatan harus dimulai dari sekarang. Agar saat libur panjang nanti, masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan aman.

Siapkan Sarana

“Sehingga mereka yang beraktivitas secara ekonomi, ibadah, di sekolah, tetap berada dalam kondisi protokol kesehatan yang ketat. Itu poin-poin yang hari ini menurut saya penting untuk kita sampaikan,” ujarnya.

Tak hanya sosialisasi, beberapa antisipasi libur panjang yang disiapkan Pemprov Jateng antara lain menyiapkan sarana prasarana angkutan, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Seperti kewajiban memakai masker, ketersediaan hand sanitizer pada tiap pintu keluar masuk kendaraan, terminal, penyediaan cuci tangan pada terminal.

Kemudian memastikan semua yang beraktifitas di terminal dan kendaraan umum telah divaksin dan menginstall aplikasi peduli lindungi. Serta melaksanakan pos pengamanan bersamaan dengan pos kesehatan pada titik-titik strategis.

Sementara, evaluasi penanganan Covid-19 di minggu ke-40 saat ini, jumlah penyebaran kasus Covid-19 terus menurun. Sejumlah rumah sakit juga melaporkan nol kasus. Ganjar menegaskan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan.

Editor: Sulistya

RELATED NEWS