Kesalahan Sepele Ini Tanpa Kita Sadari Bisa Menguras Uang Lho

SetyoNt - Minggu, 02 Januari 2022 17:28 WIB
Meski Tampak Sepele, 7 Kesalahan Ini Justru Membuat Anda Kehilangan Uang Tanpa Sadar (Freepik.com/Drobotdean)

Jakarta, Jatengaja.com - Terkadang kita sering menyepelkan dalam pengeluaran uang karena menganggap nilainnya yang kecil sehingga tidak akan merugikan. Ternyata sikap ini tanpa kita sadari justru bisa menyebabkan kita menjadi buntung.

Dari kesalahan menyepelekan pengeluaran yang terkesan sedikit ini, tanpa kita sadari bisa menguras uang dalam dompet . Untuk itu sebaiknya mulai lebih berhati-hati untuk melakukan pengeluaran.

Berikut beberapa kesalahan yang tampak sepele namun justru membuat membuang uang tanpa kita ketahui dilansir dari jogjaaja.com jaringan jatengaja.com.

1. Biaya Tiket Pesawat

Tiket pesawat biasanya akan disertai dengan ongkos untuk bagasi, dan biaya tambahan jika berat tas Anda melebihi aturan maksimal yang ditentukan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa dan membandingkan tiap biaya tambahan saat membeli tiket pesawat agar kesalahan tersebut tidak membuat Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

2. Membeli Barang Baru

Tidak semua hal perlu Anda beli dalam kondisi baru, contohnya membeli mobil. Anda dapat meminimalisir kesalahan dalam manajemen keuangan dengan cara mengetahui kondisi barang apa yang Anda butuhkan, spesifikasi barang, dan budget yang Anda miliki untuk membeli barang tersebut. Hal ini karena masih banyak barang bekas yang justru masih memiliki kualitas yang baik dan berfungsi dengan normal, serta harganya lebih terjangkau.

3. Perpanjangan Garansi

Biasanya, saat Anda membeli barang seperti lemari es atau mobil pada umumnya Anda akan ditawarkan biaya tambahan seperti biaya garansi dan perpanjangan garansi. Garansi memang sepertinya merupakan ide bagus yang terkesan dapat menyelamatkan keuangan Anda jika suatu saat ada kekurangan pada barang yang Anda beli.

Namun, seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, perpanjangan garansi justru tidak sepadan dengan uang yang Anda keluarkan. Sebaiknya Anda justru menggunakan uang perpanjangan garansi tersebut untuk ditabung jika suatu saat barang yang Anda beli mengalami kerusakan dan membutuhkan servis atau perbaikan.

4. Barang Bermerek

Barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi dari merek terkenal mungkin tampak menggiurkan untuk dibeli dan dicoba. Namun, ternyata versi generiknya juga dapat berfungsi dengan optimal. Bahkan, versi generiknya justru dibandrol harga yang lebih murah bahkan memiliki kualitas yang mirip dengan produk bermerek tersebut.

5. Biaya Listrik

Kebiasaan membiarkan perangkat seperti charger tetap tersambung dengan lubang stop kontak akan membuat listrik terbuang dengan sia-sia. Perangkat yang tetap tersambung di lubang stop kontak juga akan tetap teraliri listrik.

Meskipun jumlah daya yang digunakan relatif kecil, jika dibiarkan terus menerus maka daya listrik tersebut justru terbuang dengan percuma. Hal ini juga akan membuat tagihan listrik Anda menjadi membengkak.

6. Biaya Keanggotaan yang Tidak Digunakan

Mendaftar keanggotaan seperti di gym merupakan hal yang normal dan bisa Anda lakukan jika memang Anda rutin mengunjunginya untuk berolahraga. Namun, jika Anda membayar keanggotaan gym tapi hanya sesekali saja mengunjunginya, maka hal tersebut akan membuat pengeluaran Anda justru bertambah.

7. Bahan Makanan yang Terbuang

Kesalahan yang tampak sepele namun dapat berpengaruh pada kondisi keuangan Anda adalah kebiasaan tidak merencanakan sebelum berbelanja. Karena kurangnya perencanaan, maka Anda akan melakukan pembelian secara impulsif, kemudian memasak terlalu banyak makanan yang justru tidak akan bisa Anda makan. Oleh karena itu, untuk lebih menghemat uang, sebaiknya buatlah daftar belanja barang apa saja yang harus Anda beli, dan pastikan untuk tidak membeli barang-barang di luar daftar belanja. (*)

Editor: SetyoNt
Bagikan

RELATED NEWS