Kebun Buah Plalangan, Semarang, Akan Dilengkapi Robot Tanaman yang Bisa Bicara

Sulistya - Selasa, 16 November 2021 20:44 WIB
Kebun Buah di Plalangan, Kota Semarang

Semarang, Jatengaja.com - Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur menuturkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang tengah mengembangkan kebun buah yang berada di Kelurahan Plalangan, Gunungpati.

Konsep yang diusung adlaah Agro Edu Wisata, sebagai daya tarik wisata. Menurutnya, konsep yang diangkat memadukan kegiatan yang mendidik di bidang pertanian, edukasi tentang pertanian sekaligus sebagai tempat wisata.

"Ini dikembangkan dari Ayo Nandur dan merupakan pelengkap dari kebun buah Cepoko dan Purwosari. Juga ada wahana yang dibangun disana," katanya, seperti dikutip dari laman semarangkota.go.id, Selasa (16/11/2021).

Hernowo menjelaskan, pengunjung akan dikenalkan dengan teknologi dari wahana yang ada. Misalnya seperti digital wall, juga robot binatang sapi, juga robot tanaman yang bisa berbicara sebagai media pembelajaran pengunjung.

Pada tahap 1 ini, Pemkot Semarang menganggarkan sekitar Rp 1,2 miliar untuk pengembangan kebun buah di Plalangan.

"Desember ini tahap 1 ditargetkan selesai, nanti pembangunan akan dilanjutkan tahap 2 tahun depan karena memang banyak lahan yang bisa digarap dengan luas 10 hektare," tuturnya.

Daya tarik lainnya, adalah aktivitas petik buah langsung, selain itu berbagai tanaman langka unggulan asal Semarang akan jadi pembeda dengan kebun buah lainnya untuk bisa dinikmati pengunjung.

"Buah yang nantinya dapat dipetik langsung oleh pengunjung adalah durian, jeruk, dan jambu kristal. Untuk duriannya sendiri durian lokal unggulan Kota Semarang seperti durian Malika, durian Kholil, durian Mutiara Hebat, dan durian Doyong," katanya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS