Kapolda Jateng Printahkan Brimob Suplai Air Bersih Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi

SetyoNt - Kamis, 16 Maret 2023 17:33 WIB
Kapolda Jateng (dua dari kanan) Printahkan Brimob Suplai Air Bersih Warga Terdampak Erupsi Gunung Merapi (Jatengaja.com/dok. Humas Polda Jateng)

Magelang, Jatengaja.com - Kapolda Jawa Tegah (Jateng) Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan anggota Satbrimobda Jateng menyiapkan suplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Merapi.

Kebutuhan air bersih menjadi keluhan warga terdampak erupsi Gunung Merapi yang disampaikan pada Kapolda Jateng saat meninjau sejumlah lokasi di Boyolali dan Kabupaten Magelang, Kamis, (16/3/2023).

“Dari hasil mengunjungi dua wilayah terdampak erupsi Gunung Merapi di Boyolali, dan Magelang, ternyata problemnya hampir sama, yaitu air bersih, kesulitan pakan ternak dan pertanian dampak dari abu vulkanik. Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Pertanian kabupaten dan provinsi untuk akselerasi guna percepatan bantuannya,” ujar Kapolda.

Kabid humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy yang turut mendampingi kunjungan Kapolda mengungkapkan, pemberian bantuan warga dan water treatment saat ini amat dibutuhkan warga.

"Water treatment dilakukan pada tanaman petani serta rumput untuk pakan ternak yang terkena abu. Ini jadi prioritas karena petani cabai saat ini menjelang panen raya,” jelasnya.

Untuk membersihkan abu vulkanik, lanjut Iqbal dikerahkan mobil rantis Water Canon dilakukan penyemprotan pada sejumlah jalan umum di pemukiman warga dan tanam agar bersih.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, Kapolda Jateng menyerahkan sejumlah bantuan kemanusiaan pada perwakilan masyarakat sekitar yang terdampak. Bantuan serupa juga sebelumnya telah diserahkan melalui polres jajaran yang terkena dampak erupsi.

“Sebagai langkah kontijensi paska erupsi Merapi, Polda Jateng menggelar Operasi Aman Nusa II pada 12 Maret lalu yang pelaksanaannya dilakukan secara sinergi dengan stake holder terkait,” ujarnya.

Selain suplai air bersih, melalui operasi tersebut berbagai bantuan juga telah diserahkan diantaranya berupa layanan kesehatan, bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, dapur umum, dan sebagainya.

Di lokasi yang sama relawan dari Guruh Merapi Kabupaten Magelang juga sangat mengapresiasi kunjungan Kapolda yang didampingi sejumlah pejabat Polda Jawa Tengah tersebut

"Terima kasih kami ucapkan kepada Kapolda Jawa Tengah atas kunjungan dan peninjauannya langsung ke lokasi bencana, kami juga melihat bahwa Polresta Magelang hadir langsung serta dengan cepat dan tanggap turut serta membantu turun ke daerah bencana" ujar Supri Cobra relawan Guruh Merapi. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS