Jajaki Kerja Sama, Pemkot Semarang – Pemkot Fuzhou Teken LoI

Sulistya - Selasa, 28 Februari 2023 17:18 WIB
Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin menerima delegasi dari Kota Fuzhou. (dok/semarangkota.go.id)

Semarang, Jatengaja.com – Pemerintah Kota Fuzhou dari Republik Rakyat Tiongkok menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Perlu diketahui, hubungan antara Tiongkok dan Kota Semarang sudah sangat erat sejak zaman dulu. Ini karena adanya bukti sejarah bahwa Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming pernah menginjakkan kakinya di Kota Semarang.

Hal tersebut kemudian terus dikenang masyarakat Kota Semarang, sehingga diadakan Festival Ceng Ho setiap tahunnya.

Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin dalam keterangan persnya mengatakan, dalam kunjungan di Kota Semarang, pihaknya saling bertukar pengalaman dan program. Iswar menyampaikan rencana kerja sama yang sangat potensial dan bisa dilakukan antara kedua kota tersebut.

Hal ini akan dimulai lewat penandatanganan Letter of Intent (LOI) yang kemudian dapat memasuki tahap selanjutnya yaitu ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

“Bahwa hubungan antarkedua kota ini tentu akan ditandangani LoI. Mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU,” tutur Iswar.

Kunjungan Pemerintah Kota Fuzhou yang dipimpin Lin Baojin ke Kota Semarang memberi banyak harapan untuk kemajuan dua kota lintas negara tersebut.

“Harapannya, semoga dua kota ini bisa saling betukar pengalaman dan program, agar kemudian dapat bersama membangun kota kita masing-masing. Tentu atas kelebihan kita ataupun mereka dapat dipadukan, sehingga kita tidak tertinggal dengan kota-kota lain di asia, maupun di Indonesia," ujarnya. (-)

Editor: Sulistya

RELATED NEWS