Indonesia Tuan Rumah Konferensi Islam ASEAN, Akan Dibuka Wapres Ma’ruf Amin

SetyoNt - Selasa, 20 Desember 2022 21:09 WIB
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Islam ASEAN, Akan Dibuka Wapres Ma’ruf Amin (Ilustrasi/Internet)

Jakarta, Jatengaja.com - Indonesia menjadi tuan Konferensi Islam tingkat ASEAN kedua yang akan digelar di Denpasar, Bali 21 - 23 Desember 2022.

Konferensi Islam tingkat ASEAN kedua dengan tema ‘Khairu Ummah’ dijadwalkan akan dubuka Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Ma’ruf Amin

Dilansir kemenag.go.id, Selasa 20 Desember 2022, kegiatan Konferensi Islam tingkat ASEAN diikuti sekitar 140 peserta, dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, serta Arab Saudi.

“Insya Allah Konferensi Islam tingkat ASEAN akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia,” kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin.

Dalam kegiatan konferensi tersebut akan hadir sejumlah narasumber, terdiri atas ulama, akademisi, dan pimpinan organisasi masyarakat Islam dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Kerajaan Arab Saudi.

Menurut Kamaruddin, Konferensi Islam tingkat ASEAN dilaksanakan atas kerja sama Kemenag Indonesia dengan Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi.

"Konferensi ini akan membahas implementasi moderasi beragama dalam masyarakat muslim, serta upaya pencegahan ekstremisme dan intoleransi. Kita akan sharing best practices di setiap Negara,” ujarnya.

Selain itu juga akan mendiskusikan problematika keumatan dan mencari solusinya, serta menguatkan wawasan moderasi beragama dan implementasinya dalam kegiatan dakwah.

Dirjen Bimas Islam menilai, konferensi ini sangat strategis, karena populasi umat Islam di kawasan Asia Tenggara adalah yang terbanyak di dunia sehingga pengaruhnya sangat signifikan jiga bisa menjadi contoh utama dalam implementasi moderasi beragama.

"Moderasi beragama menjadi jalan tengah bagi terciptanya kedamaian di tengah umat. Moderasi beragama sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.

Dalam Konferensi Islam tingkat ASEAN ada sejumlah materi yang akan dipaparkan antara lain, “Menuju Ummat Terbaik dalam Penguatan Kerjasama dan Sinergitas”;
“Mewaspadai Ekstremitas dalam Beragama dan Berbudaya.”

“Tantangan Ormas Islam dalam Pemberdayaan Ummat di Era Digital”; “Merawat Harmoni Sosial dalam Masyarakat Plural”; dan “Menuju Masyarakat Unggul Melalui Visi Pendidikan Islami.” (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS