Gubernur Ganjar Minta Para Kades Patroli Cek Kondisi Tanggul

SetyoNt - Senin, 09 Januari 2023 22:41 WIB
Gubernur Ganjar Minta para Kades Patroli Cek Kondisi Tanggul (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Brebes, Jatengaja.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada para kepala desa (kades) melakukan patroli mengecek kondisi tanggul di daerah masing-masing.

Langkah pengecekan tanggul ini karena bencana banjir yang terjadi di Jawa Tengah (Jateng) akhir-akhir akibat tanggul di sungai maupun di laut jebol sehingga menggenangi permukiman warga sekitar.

“Saya minta kepala desa melakukan patroli tanggul dengan mengecek kondisinya agar bisa diantisipasi. Kawan-kawan dari dinas yang mengurusi air sudah saya perintahkan patroli,” kata Ganjar di sela mengecek banjir di Brebes, Senin 9 Januari 2023.

Seperti diketahui, beberapa bencana banjir yang terjadi di Jateng karena tanggul jebol yakni di Dinar Mas Semarang, Pantai Marina Semarang, banjir bandang di Brebes, Pati dan daerah lain.

Lebih lanjut Ganjar menyatakan, kades yang paling tahu kondisi tanggul daerahnya sehingga bisa mengecek kondisinya masih baik atau tidak agar dapat segera dilakukan penanganan.

“Teman-teman kades ini yang paling tahu kondisi daerahnya bisa patroli mengecek tanggul,” tandasnya.

Sejumlah bencana banjir di Jateng, lanjut Gubernur Jateng sudah tertangani. Beberapa tanggul jebol sudah ditutup sementara, sambil menunggu perbaikan permanen.

“Saya terima kasih atas partisipasi masyarakat untuk bisa bergotong royong menyelamatkan manusianya dulu, membuat tempat-tempat suplai logistik, dapur umum begitu," ucapnya.

Selain itu, imbuh Ganjar juga terus berkoordinasi dengan BMKG, BRIN dan Angkatan Udara untuk memodifikasi cuaca dengan memindahkan awan tempat lain sehingga Jateng tidak hujan.

Meski begitu, tetap meminta semua tetap siaga, sebab ramalan BMKG masih mencatat angin masih bertiup kencang dan hujan masih ada.

"Kalau bencana umum, hujan begini pasti banjir, longsor, di coastel area itu pasti ada robnya sekarang mesti kita siap-siap semuanya. Saya minta semua tetap siaga,” ujarnya.

Ganjar berkunjung ke lokasi banjir Desa Jatibarang Kidul dan Desa Kemiriamba, Kecamatan Jatibarang, Brebes, akibat luapan Sungai Cibiyuk.

Kondisi terparah terlihat di Desa Jartibarang Kidul. Di tempat itu, sebanyak 30 rumah warga rusak berat, sedang, maupun ringan.

Gernur Jateng meninjau rumah-rumah warga yang roboh serta mengecek dapur umum untuk memastikan stok logistik aman.

Laporan kepala desa, ada 30 rumah warga yang rusak akibat banjir bandang itu. Ganjar memastikan akan membantu perbaikan rumah warga yang rusak itu. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS