Daihatsu Buka Pabrik Baru di Karawang, Kapasitas Produksi 140.000 Unit per Tahun

Sulistya - Jumat, 03 Februari 2023 09:19 WIB
Groundbreaking pembangunan pabrik perakitan baru PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Karawang Assembly Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, Kamis, 2 Februari 2022.

Jakarta, Jatengaja.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuka pabrik baru Daihatsu dengan kapasitas produksi sekitar 140.000 unit per tahun dan ditargetkan beroperasi pada 2025.

Investasi PT ADM untuk pabrik baru itu senilai Rp2,9 triliun di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda menyampaikan pabrik tersebut merupakan pembaruan dan akan menggantikan pabrik yang sebelumnya berlokasi di Sunter, tepatnya Lini 1, yang telah beroperasi selama 27 tahun.

Pembangunan ini sekaligus merupakan kelanjutan dari pembangunan pabrik sebelumnya di Karawang, yaitu Karawang Assembly Plant Line 1 pada 2011.

Pabrik Daihatsu di Indonesia ini memiliki konsep ramah lingkungan dan sustainability (keberlanjutan). Hal ini guna merealisasikan usaha perusahaan dalam memenuhi target karbon netral sesuai dengan pembangunan berkelanjutan atau SDG’s untuk Indonesia di masa depan.

"Fasilitas pabrik baru yang akan dibangun ini nantinya akan memanfaatkan energi terbarukan yang dapat mengurangi kadar emisi karbon hingga 20%," ujar dia, saat grounbreaking pabrik Daihatsu di Karawang, Kamis, 2 Februari 2022.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Doddy Widodo seperti dikutip dari www.trenasia.com mengungkapkan, investasi Daihatsu ini membuktikan bahwa industri otomotif di Indonesia masih bergeliat.

Dody juga mengatakan PT ADM memiliki kontribusi yang besar bagi pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air. Pada tahun 2022, Daihatsu mampu mengekspor 473.000 unit kendaraan. Jumlah tersebut setara hampir 30% total ekspor otomotif yang berbasis di Indonesia, dan menyebar ke 80 negara di dunia.

“Ini prestasi yang sangat luar biasa. Yang lebih hebat lagi, Daihatsu sudah merekrut 13.000 tenaga kerja, serta melibatkan lebih dari 800.000 tenaga kerja dari perusahaan pemasok tier 1 dan 2. Dengan penambahan investasi ini, diharapkan terus meningkatkan jumlah tenaga kerjanya, terutama tenaga kerja lokal,” katanya. (-)

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS