BNPB Bantu Mobil Dapur Umum dan Pompa Air untuk BPBD Jepara

Sulistya - Rabu, 15 Maret 2023 08:41 WIB
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara berupa satu unit mobil dapur umum dan satu unit pompa air. (dok/jatengprov.go.id)

Jepara, Jatengaja.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara berupa satu unit mobil dapur umum dan satu unit pompa air.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta menjelaskan, menilik kondisi topografi Jepara yang rawan bencana, seperti banjir dan tanah longsor, memang membutuhkan banyak dukungan bantuan peralatan penanggulangan bencana.

Adapun bantuan tersebut diharapkan, apabila terjadi bencana khususnya banjir, dapat ditanggulangi melalui sistem pompa.

“Tolong bantuan ini dirawat dan dimanfaatkan dengan baik, agar bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana,” kata Edy dalam siaran persnya, usai menerima bantuan tersebut, Senin (13/3/2023).

Edy menjelaskan, pihaknya telah meminta bantuan ke pihak terkait, untuk melakukan normalisasi dua sungai, yaitu Sungai Serang Wulan Drainase (SWD) 1 dan SWD 2. Perlu dikethui, di sejumlah wilayah Jepara bagian selatan, terjadi bencana banjir akibat luapan kedua sungai tersebut.

“In Sha Allah, untuk saat ini bencana sudah terkendali. Namun, kami ini masih was-was selama sungai belum dikeruk,” katanya.

Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB, Ali Bernardus menjelaskan, bantuan yang diberikan merupakan wujud kehadiran pemerintah pusat terkait penanggulangan bencana. Pihaknya siap membantu penanggulangan bencana di daerah, melalui sejumlah tahapan.

“Saya harap, bantuan ini dirawat dengan baik, sehingga jika ada bencana, tidak terjadi masalah teknis. Harus ada proses maintenance,” tuturnya. (-)

Editor: Sulistya
Tags BPBD JeparaBNPBBagikan

RELATED NEWS