BlueBird Akan Tambah 5.000 Armada, 500 Di Antaranya Mobil Listrik

Sulistya - Kamis, 14 Juli 2022 18:07 WIB
Pengemudi mengisi daya armada taksi listrik Bluebird (e-Taxi) di stasiun pengisian kendaraan listrik Kantor Pusat Bluebird Group, Mampang Prapatan, Jakarta, Rabu, 13 Juli 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Jakarta, Jatengaja.com - PT Blue Bird Tbk (BIRD) akan menambah 5.000 unit kendaraan pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, setidaknya 500 unit merupakan kendaraan listrik yang akan mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali. Upaya mendatangkan mobil listrik adalah upaya untuk menjadi perusahaan yang memiliki visi keberlanjutan di usia ke-50 tahun.

Untuk mendukung pengadaan 5.000 unit kendaraan, Blue Bird mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp1,2 triliun tahun ini.

Manajemen BIRD belum bisa mengalkulasi porsi pembelian kendaraan listrik dari total belanja modal Rp1,2 triliun pada tahun ini. Hal tersebut lantaran mobil listrik didatangkan utuh atau CBU dari negara asal. Namun yang pasti, Blue Bird akan mengarahkan penggunaan kendaraan listrik untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Dengan menyediakan taksi mobil listrik, Blue Bird berupaya terus melakukan transformasi di usia mereka yang menginjak 50 tahun pada 2022. BIRD mengklaim menjadi pionir dalam pengadaan taksi listrik.

Dengan visi keberlanjutan 50:30 Bluebird yang telah diluncurkan pada 20 April 2022, di bawah pilar BlueSky, yang menopang upaya Perseroan dalam berkontribusi bagi perbaikan lingkungan hidup dan juga pilar BlueLife, yang menopang utama Perseroan dalam berkontribusi bagi perbaikan kualitas hidup manusia.

Dalam visi keberlanjutan tersebut, perusahaan menetapkan komitmen untuk mengurangi emisi dan buangan operasional sebanyak 50% hingga tahun 2030. Komitmen ini ditopang oleh 3 pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps sebagai landasan rencana dan target kinerja keberlanjutan hingga tahun 2030. (-)

Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ismail Pohan pada 14 Jul 2022

Editor: Sulistya
Bagikan

RELATED NEWS