Berhasil Turunkan Stunting Maksimal, Pemprov Jateng Terima Insentif Rp5,97 Miliar

SetyoNt - Sabtu, 07 Oktober 2023 19:57 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana (kiri) secara simbolis menerima penghargaan insentif Rp5,97 miliar dari Wapres, Ma’ruf Amin atas keberhasilan turunkan stunting. (Jatengaja.com/dok. Humas Pemprov Jateng)

Jakarta, Jatengaja.com - Berhasil menurunkan stunting secara maksimal, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menerima penghargaan dan insentif fiskal senilai Rp5,97 miliar lebih dari pemerintah pusat.

Pemprov Jateng dalam menurunkan angka stunting secara nasional berada di peringkat kedua setelah provinsi DKI Jakarta.

Wakil Presiden (Wapres) RI. KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyerahkan penghargaan dan insentif Rp5,97 miliar dikepada Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 6 Oktober 2023.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh daerah yang berhasil menerima penghargaan, karena mencapai kinerja yang baik menurunkan stunting.

“Saya berharap insentif dan penghargaan ini, bukan semata tujuan akhir daripada saudara-saudara dalam bekerja, melainkan menjadi pemicu untuk berkontribusi lebih besar lagi,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, angka prevalensi stunting Indonesia di tahun 2022 sebesar 21,6%. Angka ini turun signifikan dari tahun 2018 yang berada di angka 30,8%.

"Capaian ini adalah hasil kerja bersama yang tentu kita syukuri. Namun saya minta, kita tidak boleh berpuas diri karena masih ada target yang harus kita kejar, yaitu prevalensi stunting 14% di tahun 2024," kata Wapres.

Untuk mencapai target prevalensi 14%, lanjutnya Ma’ruf Amin, tantangannya tidaklah ringan. Terlebih, tahun depan adalah tahun politik pemilu 2024.

Menurut Wapres, pelajaran dari pelaksanaan program penurunan stunting selama empat tahun terakhir, menunjukkan bahwa komitmen politik yang tinggi dari para pemimpin di pusat dan di daerah.

“Saya minta kepada saudara-saudara penjabat gubernur, bupati, dan walikota, serta seluruh organisasi perangkat daerah, untuk betul-betul mengawal pelaksanaan program tahun depan, sekaligus memastikan penurunan stunting tetap menjadi program prioritas, pada saat transisi pemerintahan nanti,” kata Wapres. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS