Atasi Rasa Panik dan Takut, Menurut dr. Zaidul Akbar Cukup Sederhana Hanya Lakukan Ini

SetyoNt - Jumat, 22 Oktober 2021 19:58 WIB
dr. Zaidul Akbar

Jatengaja.com - Rasa panik dan rasa takut psati pernah dialami setiap orang karena adanya suatu peristiwa yang mencekam dan mengerikan, seperti melihat hantu atau melihat kecelakaan maut.

Bila rasa panik dan takut tersebut dibiarkan tanpa adanya terapi penyembuhan, maka dikhawatirkan akan dapat menimbulkan trauma bagi orang bersangkutan.

Menurut pakar pengobatan herbal, dr. Zaidul Akbar ternyata untuk mengatasi rasa panik dan takut tersebut caranya cukup sederhana.

Dialansir dari aku Instgramn @zaidulakbar, mengutip sebuah hadits, dr. Zaidul Akbar menulis, Jabir ra menyatakan “Aku mau memberitahu kalian sesuatu yang diceritakan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam kepada kami.”

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda “Aku pernah menyendiri di Gua Hira selama satu bulan, setelah selesai aku turun ke perut lembah. Lalu aku dipanggil oleh seseorang, kulihat ke depan, belakang, kanan, kiri tapi tidak kulihat siapapun.”

“Lalu aku dipanggil lagi oleh seseorang dan akupun mengangkat kepalaku. Ternyata dia ada di atas arsy di udara (maksudnya Jibril alaihi sallam) maka akupun mulai menggigil hebat.”

Kemudian aku berkata “selimuti aku” lalu mereka pun menyelimutiku dan mengguyurkan air ke tubuhku (dikeluarkan oleh Muslim pada kitab Al Iman No 257).

Dalam riwayat lain disebutkan “lalu Aku menemui Khadijah dan berkata “ selimuti aku dan guyurkan air ke tubuhku” kemudian turunlah ayat Ya Ayyuhal muddattsir

“Hadits ini mengandung anjuran melakukan hal semacam itu bagi orang yang sedang panik atau takut,” tulis Zaidul Akbar.

Dia menambahkan dalam rulisanya, dalam syarah muslim dikatakan : hadits ini menunjukan bahwa orang yang panik sebaiknya di guyur air utk meredakan paniknya.

Ibnu Abbas ra. dalam komentarnya atas firman Allah “Dan Dekapkanlah tanganmu ke tubuhmu bila kamu ketakutan” menyatakan maksudnya adalah dekapkanlah tanganmu ke dadamu untuk menghilangkan rasa takutmu.

“Mujahid mengatakan “setiap orang yang merasa panik, kemudian mendekapkan tangannya ke tubuhnya maka rasa paniknya akan hilang. Hal senada juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra,” tulis Zaidul Akbar. (-)

Editor: SetyoNt

RELATED NEWS