Tips Cara Hemat Baterai Smartpone saat Liburan Nataru

Sabtu, 25 Desember 2021 16:44 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

Berikut cara menghemat baterai smartphone saat liburan.
Berikut cara menghemat baterai smartphone saat liburan.

Jatengaja.com - Saat ini orang tidak pernah lepas dari Smartphone. Dalam setiap aktivitas, termasuk letika  berlibur keberadaan smartphone menjadi kebutuhan untuk mengabadikan setiap momen sebagai kenanganan.     

Pada  saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)  bersama keluarga mengunjungi sejumlah tempat wisata  tentunya  menjadi momen penting untuk diabadikan melalui Smartphone. Bila  sering digunakan baterai Smartphone cepat habis. 

Agar baterai smartphone bisa tahan lama  saat digunakan pada libur Nataru. Berikut tips cara menghemat baterai Smartphone saat liburan Nataru sebagaimana dikutip dari  Jogjaaja.com jaringan jatengaja.com. 

1. Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi dari aplikasi yang kurang penting. Kebanyakan notifikasi yang masuk juga menjadi salah satu faktor yang mempercepat baterai smartphone terkuras.

2. Cek Aplikasi

Smartphone biasanya mempunyai sejumlah aplikasi bawaan yang bisa menyedot baterai jika terus-menerus dipakai. Sebaiknya, cek dulu aplikasi yang berjalan di smartphone saat hendak mudik. Pastikan aplikasi yang dijalankan tidak menguras baterai sehingga smartphone bisa bertahan menyala dalam waktu lebih lama.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar ternyata memengaruhi daya baterai smartphone. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin banyak daya baterai yang terkuras. Jadi, atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi agar tidak terlalu menguras baterai. Pastikan Anda tidak mengaktifkan kecerahan layar otomatis karena justru akan lebih cepat menguras daya baterai ponsel. Lihat juga: Begini Jadinya Jika Masih SMA Tapi Sudah Menikah Secara Diam-Diam, Sering Lupa Jika Sudah Memiliki Suami

4. Pakai Fitur Power Saving

Fitur penghemat baterai bisa diandalkan saat melakukan perjalanan mudik. Fitur ini bisa membatasi kemampuan smartphone. Sebab, hanya beberapa fitur penting saja yang akan berjalan. Jadi, baterai smartphone tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting.

Itulah tips cara menghemat baterai smartphone selama libur Nataru. Semoga bermanfaat. (-)