Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029

Senin, 21 Oktober 2024 08:30 WIB

Penulis:SetyoNt

Editor:SetyoNt

Prabowo Gibran.jpg
Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029. (Mike)

Jakarta, Jatengaja.com - Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Prabowo dan Griban dilakukan pada Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 20 Oktober 2024.

Sidang Paripurna MPR RI dengan agenda pelantikan dan pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden dipimpin Ketua MPR Ahmad Muzani yang didampingi para waki ketua MPR. 

Jalannya Sidang Paripurna MPR RI ini juga diikuti oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres ke-13 RI Ma'ruf Amin.

Dilansir dari detik.com, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru kemudian disusl Gibran Rakabuming Raka. 

Di bawah kitab suci Alquran yang diangkat agamawan, Prabowo dan Gibran berdiri dari kursinya masing-masing dan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden. 

Setelah pengambilan sumpah dilanjutkan panandatanganan berita acara pelantikan oleh presiden dan wakil presiden serta para pimpinan MPR. Kemudian penyerahan berita acara pelantikan.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk presiden dari Jokowi ke Prabowo, diikuti pertukaran tempat duduk Ma'ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Tampak hadir dalam acara pelatikan sejumlah mantan presiden dan wakil presiden yakni mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), wakil presiden Jusuf Kalla, Budiono, dan Tri Sutrisno. 

Hadir pula dan istri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah yang ditemani putrinya Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid).

Para pimpinan partai politik, serta pasangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, sedang calon presiden lainnya, Ganjar Pranowo tidak hadir. Demikian pula dengan mantan presiden Megawati tak hadir. (-)